Tips Fotografi

Statue

Berikut ini adalah beberapa tuntunan yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan keterampilan fotografi.

Selalu Bawa Kamera
Alasan utama mengapa Anda melewatkan momen yang bagus untuk difoto adalah karena Anda tidak membawa kamera. Jadikanlah suatu kebiasaan untuk selalu membawa kamera kemanapun Anda bepergian karena Anda tidak tahu momen-momen atau pemandangan-pemandangan apa yang akan Anda temui nanti. Belilah tas atau tempat untuk kamera Anda karena hal tersebut dapat memudahkan Anda membawa kamera, selain itu juga dapat melindungi kamera Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti goresan maupun benturan dengan benda lain. Tas atau tempat kamera yang memiliki busa dan memiliki lapisan luar yang cukup keras adalah pilihan yang cerdas untuk hal ini.

Foto Lebih Banyak Lagi
Jika Anda berfikir bahwa Anda telah cukup banyak mengambil foto, tidak demikian adanya, terutama jika Anda adalah pemilik kamera dijital. Hasil foto kamera dijital disimpan dalam format dijital (berkas), jadi tidak ada kerugian bagi Anda untuk mengambil foto lebih banyak. Memang foto tersebut akan menghabiskan sejumlah space pada kartu memori Anda, namun nantinya Anda dapat dengan mudah menghapusnya jika Anda tidak puas dengan hasil foto tersebut. Mengapa Anda mengambil sebuah foto jika Anda bisa mengambil banyak foto? Tidak usah ragu, karena mungkin tempat di mana Anda mengambil foto tersebut tidak akan Anda kunjungi lagi. Foto sebebas-bebasnya, karena pemandangan/adegan sehari-hari yang membosankan dapat saja menjadi bersejarah beberapa tahun kemudian.

Percaya pada Mata Anda
Mempelajari aturan-aturan composition adalah hal yang baik, namun aturan-aturan tersebut kadangkala tidak berlaku dan ada kalanya Anda harus mempercayai mata Anda. Ketika kita akan memfoto sebuah objek, gerakkan atau pindahkan kamera dan jelajahi pemandangan sekitarnya. Ketika Anda menemukan sudut potret yang menurut Anda bagus, fotolah dengan segera.

Latih Mata Anda
Lihat dan perhatikan dengan seksama foto yang Anda ambil. Cobalah untuk menemukan kekurangan-kekurangan dan kritiklah hasil foto tersebut. Apakah foto tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan pada saat kita memfoto? Apakah Anda suka composition-nya? Aktivitas peninjauan kembali hasil foto oleh Anda sendiri sangat esensial dalam meningkatkan indra fotografi Anda.

Kenali Kamera Anda
Anda tidak perlu menghafal setiap fitur pada kamera Anda sesegera mungkin. Akan lebih mudah mengingat fitur-fitur Anda dengan perlahan-lahan mencoba fitur-fitur kamera Anda satu-persatu melalui aktivitas fotografi sehari-hari. Analoginya seperti saat kita belajar mengganti persneling saat mengendarai sepeda motor atau mobil. Jadikan kemampuan mengutak-atik fitur kamera menjadi kebiasaan Anda. Dengan demikian Anda tahu dengan baik fitur-fitur apa yang mesti dipakai pada saat memfoto suatu objek atau pemandangan.

Selalu Bekerja pada Berkas Salinan
Hal ini berlaku untuk era baru fotografi yaitu kamera dijital. Perlu Anda ingat bahwa sebelum Anda membuat foto salinan maka foto yang Anda punya adalah foto satu-satunya yang masih asli. Biasakanlah membuat salinan atas berkas foto yang akan Anda utak-atik. Beberapa perangkat pengolahan/pengorganisasi gambar dijital biasanya menyertakan fitur ini.

256 comments
  1. hanny_tara said:

    Dear Mas Fresaya buta sama sekali tentang fotografi, sebaiknya bagaimana saya harus memulai keinginan saya untuk belajar foto grafi ya Mas? saya juga bingung kamera apa yang paling pas digunakan oleh pemula seperti saya… TQ sarannya

    • YUSRINA RACHMAN said:

      pertanyaaku sebagai pemula,jenis kamera apa yang sebaiknya digunakan, selama ini saya menggunakan kamera digital

    • YUSRINA RACHMAN said:

      pertanyaaku sebagai pemula,jenis kamera apa yang sebaiknya digunakan, selama ini saya menggunakan kamera digital, terutama untuk out door, tks

  2. memulainya dengan melihat-lihat hasil foto karya fotografer lain. amati baik-baik bagaimana komposisi foto tersebut, sebaran warna, tema dan cerita yang ingin disampaikan pada foto. setelah menjadi penikmat foto yang baik, coba bertanya kepada diri sendiri “gimana ya bikin foto sebagus ini?”. setelah rasa penasaran itu muncul baru cari dan pelajari teknik fotografi. untuk pemula bisa dimulai dengan kamera poket/prosumer saja. poket misalnya seperti Nikon P 5000. prosumer macam Canon S5 IS.

  3. veecath said:

    saya baru tertarik untuk mengenal fotografi karena sekarang ini saya lagi masuk dalam keorganisasian di bidang fotografi…
    tapi saya tidak tahu sama sekali lebih jauh tentang fotografi.Bagaimana mengambil enggel yang bagus,bagaimana cara mengambil foto yang ga biasa-biasa ja…
    tapi saya pingin banget kenal dan memahami nya ….Tolong saran nya yah ka Ferdy Ferdian…
    Thanks sebelumnya

    • tomo patay said:

      mas, ak jg mw dong d ksih tips bwat dpetin enggel yg memuaskan??
      ak msi ngrsa hsil fto fto ak mati mas, lbih tpat ny krang mnarik gtu..
      tolong y mas..
      mksih sblum ny..

      • kalo aku pernah diajarin caranya dengan cari sudut2 yang ‘ngga biasa’. lihat hasilnya, kemudian beri komentar sendiri. jika kira2 kita sendiri kurang nyaman melihat-nya, ganti lagi, ganti lagi. each photographer has its own signature angle ;)

    • agus said:

      mohon pencerahannya mas. saya punya Canon S5is, cuma selama ini saya menggunakannya auto terus. saya pengen memaksimalkan sistem yang ada di kamera saya, misalnya membuat efek blur pada latar belakang (terutama saat malam hari sehingga cahaya lampunya blur). terimakasih. salam. agus

      • Ferdy F. Rahman said:

        Halo mas Agus,

        Basically jika pengen background blur (bokeh) bisa set mode menjadi aperture priority (Av). Pilih bukaan aperture paling besar (1/f, f-nya yang paling kecil). Semakin besar bukaan aperture, semakin blur dan depth-of-field semakin mengecil. Tapi untuk malam hari, harus diperhatikan juga exposure-nya karena bukaan paling besar itu mengakibatkan cahaya yang masuk makin banyak. Jangan sampai over-expose.

        Semoga berhasil.

  4. Remmy said:

    Hmm gimana yah tips2 untuk foto interior?apakah harus selalu pake bukaan 16 yah?boleh ga pake 5.6 aja?

  5. aperture f/16 (or more) brings out all interior area to focus (to bring the detail to all interior area). aperture f/5.6 is sufficient if and only if the interior is small enough. remember this, the point of interior photography is to bring the detail of all interior space, make it nicer by giving natural or nice white balance and lightning scheme :)

  6. yohana said:

    bro, tipsnya menarik nih..
    minta ijin untuk ditampilin di majalah sekolah ya..
    ya.. ya.. ya..
    makasih bro =))

  7. LinTanK said:

    wow,terimakasih tulisan anda membuatku paham… bisa bagi pengalaman tentang pin hole camera??
    gimana untuk ruang gelapnya??
    tango yankee…
    thank you..

  8. nazwa said:

    mas, sy punya kamera digital sony cyber-shot DSC-W30. saya cuma suka bingung buat ngatur cahaya kamera. suka bingung antara flash auto, flash on, slow synchro, flash off, dipake wktada cahaya matahari, sama wkt malem hari. hehehe.. maklum masih awam. tp, aku pengen kamera ku ada hasilnya. g cuma buat foto2 biasa aja. thx bgt mas buat bantuannya. q tunggu di e-mail..

    • singkatnya,
      flash auto: flash akan menyala manakala camera mendeteksi kekurangan cahaya pada scene yang akan diambil
      flash on: flash akan menyala regardless keadaan cahaya scene
      slow synchro: shutter speed akan membuka lama sekaligus flash juga akan fire lama. This means you get the best of both worlds above and can both get a relatively sharp shot of your main subject as well as get some ambient light from the background and foreground.

      pada malam hari, untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus untuk foreground saja (background gelap) gunakan flash biasa. untuk mendapatkan pencahayaan yg terang baik foreground maupun background bisa menggunakan slow sync flash.

  9. Ame said:

    salam kenal mas ferdy. Aku mau tanya teknik reproduksi yang baik bgmn, mas frdy buka kelas tuk repro ga? tanks sblmny…

    • untuk reproduksi saya belum begitu memahami mas, takut2 salah kalo ngasih saran nanti ;)

  10. bambang said:

    salam kenallll….
    saya bambang, pengen nanya2 ni…
    kalo kamera saya cuma kodak eazy share z ….
    klo itu cukup ga ya bwat bkin gambar2 yg mas buat???

  11. @bambang: bisa. tapi salah satu kekurangan kamera pocket seperti punya mas bambang adalah tidak bisa meng-capture objek yang sedang bergerak dengan tajam.

  12. gilang said:

    salam kenal..
    saya tertarik sama foto2 human interest+portrait setelah buka wsite Steve McCurry+james Nachwey.
    punya tips+trik?

  13. tips, hmmm..lensa zoom (biar terkesan ga ganggu dan dapet ekspresi alami human), sering2 amati perubahan ekspresi maupun aksi manusia. sering2 hunting pada saat acara yang ada human interest-nya, post-processing untuk potraiture coba-coba dengan BW.

  14. Kusuma said:

    Salam,
    mas, mohon sisip aartikel tentang tips & trik untuk pengambilan gambar menggunakan kamera pocket.
    gimana biar bisa menghasilkan hasil yang bagus seperti hasil fotografer profesional.
    Thanks,

    • hmmm…akan saya pertimbangkan.
      saya ngga terlalu lama pake kamera pocket, jadi ngga terlalu fasih :)

  15. Ade said:

    keren postingannya…saya cuman modal senang foto doank dengan kamdig poket yang sederhana banget…tapi tetep semangat kok. Moto cuman make feel.

    • @ade: bener banget. fotografi itu lebih ke arah feel. kamera untuk melengkapi-nya ;)

    • @ade: keren2 foto di blog-nya. saya suka ;)

      • Ade said:

        Thx udah mampir ;D

  16. ery said:

    maaf bang ferdy saya cuma mau tanya apa yang harus dilakukan terlebih dahulu antara mengatur bukaan diafragma atau soterspeed? apakah di dalam fotografi ada pengaturan menu karakter warna seperti sinematografi? saya tunggu d-email aja bang. . . terimakasih.

  17. pieter said:

    Salam,
    Mas, saya lagi demem sama fotografi… Kamera saya Olympus E-500. Kemarin saya beli Filter Infrared sesuai dengan spesifikasi lensa kamera saya. Tapi saya sudah coba berulang-ulang tapi gambar yang didapat hitam semua. Gimana ya…. apa masih ada yang mesti disetel lagi..????
    Makasih ya…..

    Yani Pieter Pitoy
    Tomohon-Manado

  18. @Yani Pieter Pitoy: selamat bergabung di dunia fotografi. untuk filter infrared, saya asumsikan anda membeli filter yang diletakkan di depan lensa, bukan mengganti bagian dalam kamera. dalam hal ini, sedikit yang saya ketahui adalah, memang filter IR mengharuskan kita memfoto di cahaya yang sangat baik, seperti foto lanscape atau outdoor di siang hari. jika pencahayaan kurang, sering diperlukan setting kamera supaya hasil foto tidak gelap. setting antara lain dengan set exposure compensation +2 atau lebih.

  19. odjy said:

    mas numpang tanya nih..apa maksud angka 2 yg tertera pd lensa..misalnya 55-250 f/4-5.6???
    trus kalo buat foto macro lensa yg bagaimana yg sebaik nya dipakai..(berdasarkan ukuran2 lensa td)

    balas ke email saya ya.. odjy_studio@yahoo.com
    thanks banget..

  20. pieter said:

    Makasih Mas,
    Filter infrared saya memang didepan lensa….
    Setting exposurenya memang saya belum pernah atur. Biasanya saya utak-atik di setting ISO, Speed sama diafragmanya. Saya juga sudah coba mengambil foto dengan kondisi cuaca yang benar-benar terang, tapi tetap hitam……..

    Yani Pieter Pitoy,
    Tomohon – Manado

  21. mahyudi said:

    selamat malam mas fredi,

    saya yudi, saya mw nanya nich mas. skr saya kan dah kerja di salah satu media center gubernur nich, kebtulan skr saya pegang kamera. dah beberapa kali saya mencari enggel yg pas buat moto beliau tpi hasilnya masih sangat2 belum memuaskan, dari sekian banyak yg saya foto, muka nya beliau ga selalu menarik, terkading lagi manyun, keningnya mengkerut dll lah. jd saya sering ngabil foto beliau dr jarak jauh buat di tungguin benar kapan saat yg pas buat di ambil. tlg bgt ya mas tips ato trik yg mungkin lebih jitu lagi coz secara ga langsung saya sudah senang bgt ma dunia fografi ini n thanks sebelumnya

    bye ……

  22. @mahyudi: coba beberapa trik berikut
    – pake lensa zoom supaya Anda bisa mengambil ekspresi natural beliau tanpa beliau merasa terganggu
    – pelajari foto2 beliau yang sudah ada dari fotografer lain, lihat angel terbaik beliau dari mana

    silakan mencoba.

  23. Fie said:

    Salam kenal…….
    Saya pengen banget plus minat banget sama dunia fotografi.Tapi bener2 masih blank kira2 cara yang paling enak and cepet buat belajar gimana ya? Saya juga ngrasa ga punya jiwa seni sama sekali menurut Mas gimana? Makasih

  24. @Fie: pertama-tama, coba lihat-lihat karya fotografer yang lain. pelajari bagusnya di mana, jeleknya di mana menurut pendapat Anda sendiri saja dulu. kemudian, timbulkan pertanyaan bisakah Anda membuat karya seperti itu? mampubkah Anda memperbaiki karya yang Anda lihat tersebtu menjadi lebih baik. jadilah penikmat fotografi dulu, baru kemudian pelajari cara-cara fotografer membuatnya. selamat mencoba.

  25. azul said:

    alow mas, menjadi seorang fotografi apa bisa menjanjikan kemapanan? dimana saya belajar sehingga saya menjadi seorang fotogarafi yang profesional.

  26. ery said:

    bank. . .kok mail saya g ad jawaban? saya mo tanya lg neh bank.. boleh kan? msh bingung untuk gunain lensa”yang tepat kpn pake wide,fix,zoom,dll. . . gmn tuh bwt kita tantuinnya?

    • @ery: maaf baru dibalas, alamat email ery ngga ada soalnya :)

  27. oland sitorus said:

    Mas…
    saya mencari tas kamera sony cyber-shot type DSC-w200 12.1 MP…
    jika ada tolong kabari saya di email saya..
    oland_gothic@yahoo.com
    Thanx B4

    • mas olan, tas kamera bisa dicari di jpckemang.com

  28. andry said:

    salam kenal..saya sangat tertarik dengan dunia fotografi,saya pake kamera 400D,saya masih pemula dan butuh banyak belajar..mohon mas bisa batu saya untuk memberi tips n trik fotografi..trims

  29. Pika said:

    salam kenal..
    saya hobi foto2 benda apa saja…
    tapi sampai saat ini saya tidak punya kamera ataupun digicam..
    saya biasa foto2 lewat kamera hp..
    bisa kasi tips memotret via kamera hp??

    biasanya hasil foto saya simpan di blog pribadi,,,
    untuk objek, saya lebih suka dengan objek yang tidak begerak dan hujan…
    trimakasih sebelumnya…

    • kamera hp, agak terbatas fitur-nya, terutama dalam pengaturan shutter speed dan bukaan diafragma. tp bisa diakali dengan pencahayaan yg bagus. untuk foto benda (e.g. makanan, hp, dll.) yang perlu diperhatikan adalah warna, detail/shape benda, dan pencahayaan.

  30. chandra said:

    bang aku interested ma fotografi tp msh pemula bgt..skrg pake nikon d40x.klo boleh jujur, motret blm pake teknik sama sekali. How to optimize this camera&my skill? bagi tips nya dong.. Bwt tmn2 yg laen jg, klo mau bagi tipsnya pls send to: ychandrawijaya@gmail.com… thanks a bunch

  31. Mahyudi Okmantik said:

    dear mas fred ….

    saya pake kamera panasonic DMC FZ50, kira2 speec lensa zoom yang kayak mana sich n belinya dimana coz ditempat saya ga ada yang jual lensa zoom yang bagus n kalo pun ada harganya selangit. trus satu lagi kalo lg ngambil foto didalam ruangan ato malam hari gambarnya sering gelap. nah saya baru ja beli blitz ROMA BT-6, cuma setelah saya pake blitz tersebut, hasilnya bagusan saya pake blitz yang ada di kamera saya sendiri daripada pake blitz tambahan tersebut.

    tq …………………………………….

  32. buat teman2 yang pengen liat foto2 ku liat di blog tu aja ya n tlg kritikan n saranya ya ….
    tq …….

  33. @Mahyudi Okmantik: n. zoom lens: system of lenses that can be rapidly adjusted for close or distant shots while keeping the image in focus atau dengan kata lain memiliki focal length yang panjang, e.g. 70-300mm. Silakan browse ke jpckemang.com untuk melihat-lihat lensa yang sesuai dengan kebutuhan Anda ini. Untuk blitz, coba lihat kembali manual setting blitz external tersebut, karena menurut saya sepertinya Anda hanya kurang setting blitz dengan tepat. Akan lebih baik kalau disertakan hasilnya jadi bisa diperkirakan kesalahannya di mana.

  34. WOOOOOOOW Awesome…. jadi tertarik dengan fotografi nih ;)

  35. Peny said:

    kalau ingin memulai fotografi dari mana dulu baiknya?! pengeditan atau langsung memotret

  36. Peny said:

    bagi pemula sebaiknya belajar pemotretan langsung atau belajar pengeditan

  37. @ilmu grafis: salam kenal mas. fotografi memang ilmu yang indah. silakan dipelajari lebih jauh.

    @peny: baik dari pengeditan atau dari memotret bisa saja. dua-duanya bisa dijadikan awal dalam mempelajari ilmu fotografi.

  38. artha said:

    salam kenal ya mas

    mas ada yang mau saya tanyakan
    saya punya kemra digital fuji mixp s6, yang saya tanyakan pada saat saya mengambil gambar ( foto) hasilnya selalu kabur, bagaimana caranya agar hasil yang didapat jernih??

  39. ganda said:

    salam kenal,
    saat ini saya sangat tertarik ttg fotografi, masalah saya adalah memilih kamera digital, saya berencana beli sebuah kamera digital dengan budget 2 jutaan. setelah 2 minggu penuh lihat2 reviuw saya malah tambah bingung begitu banyaknya jenis kamera. Kriteria kamera yang saya ingini ialah kamera yang dengan memaksimalkan fitur2nya bisa menghasilkan foto yang maksimal juga, tentunya dengan terus belajar teknik fotografi. saya sangat mengharapkan masukan type kamera yang sesuai,

    trims

  40. ran said:

    hai…shlm…
    bbrp bln ini, teptnya sejak kenal m fotografer di solo, q jd trtarik m yang namanya motret….
    kapan tha qt bisa tau hasile bagus ato g????
    hehehehe
    GB

  41. boded said:

    Good Tips, sangat berguna…
    Pak boleh saya kutip di blog ku gak..
    Thanks ya

  42. siwi oke said:

    ada yang bantu menjelaskan tentang fitur2 dan operasional kamera digital canon eos400d

  43. Pendro said:

    hallo mas ferdy… saya sangat tertarik sekali didunia fotografi, saya baru aja beli kamera canon power shot sx100 is, dan hasil gambarnya sangat keren banget apalagi didukung sama pencahayaan yg tepat serta anggel yang pas makin sering2 dech gw jeprat-jepret, masalahnya baterenya (ukuran AA) kok cepat habis ya? pas beli saya dah dikasi batere recharge (2500 Ahm klo gak salah…) dan chargernya, batere apa yang tepat yang harus saya beli?? kalo bisa yg bisa disiisi ulang mas agar lebih hemat, bisa referensikan gak mas merek dan harganya?? mohon infonya ya mas.. sebelumnya trims banget mas dan sukses selalu.

  44. Pendro said:

    Thanks banget infonya mas…walaupun singkat tapi dah ada sedikit gambaran apa yg harus saya lakukan, thanks be4.

  45. Gwen said:

    mas ferdy, saya pemula dalam bidang fotografi, dan saya pengen bgt belajar untuk lebih baik lagi. sekarang saya pake Canon PowerShot S5 IS, saya ingin sekali beli kamera SLR. kalo boleh tanya sebaiknya saya beli merk/tipe apa? mungkin mas ferdy bisa memberi beberapa pilihan soalnya saya lihat di http://www.dpreview.com/reviews/default.asp?view=rating malah jadi bingung sendiri hehehe…
    (sekarang saya ada dana sekitar 5jtan)
    trima kasih sebelumnya

  46. Pendro said:

    Mas ferdy selamat pagi, semoga gak bosan ya nerima pertanyaan dari saya, saya mo nanya lagi mas, gmana cara ngambil gambar yang objeknya jelas tapi backroundnya jadi blur menu apa tuch yang harus saya setting dikameranya (sy di medan buku manualnya kebawa sama kakak kejakarta, oh ya kameranya masih canon PS sx100 is)atau menu secara umum apa yg harus saya setting??
    trus apa sich maksud bukaan besar atau kecil (diafragma besar/kecil)= ambilnya dimenu apa?? satu lagi untuk objek yg bergerak cepat agar gambar yg dihasilkan tdk blur menu apa yg harus sy gunakan?? mohon pencerahan ya mas, maklumlah masih harus banyak belajar…thanks b4
    Buat “Gwen” salam kenal ya..kirim email ke saya dunk agar kita bisa share (email saya ada di coment sebelumnya, thanks)

  47. @Gwen: dengan budget segitu Anda bisa ke Canon EOS 400D/450D atau Nikon D40, Sony Alpha A-300. Yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga2 lensa untuk model2 tersebut, kemudahan penggunaan, dan tentu saja harganya.

    @Pendro: untuk membuat foto dengan objek (foreground) sharp dan background blur Anda butuh set kamera Anda dengan bukaan diafragma (aperture) besar, seperti f/1.8 atau f/2. Semakin besar bukaan diafragma semakin dapat membuat background blur. Sebaliknya, semakin kecil bukaan diafragma (e.g. f/11 atau f/22) dapat membuat both object and background terlihat sharp. Untuk mengatur ini biasanya dapat Anda temukan pada mode Manual pada kamera digital Anda. Untuk menangkap objek yang bergerak, Anda butuh kamera dengan kemampuan sensor yang dapat menangkap objek yang bergerak. Sensor ini terdapat pada kamera-kamera DSLR, dan menjadi salah satu keunggulan kamera DSLR dibandingkan kamera poket atau prosumer.

  48. Pendro said:

    thanks banget infonya mas ferdy..

  49. arief said:

    Salam kenal mas…

    Ak udh cukup lama pke EOS 400D.Pengen nanya, gmn c cara ngebersihin lensa dan kaca pantul(Kaca terlihat bila lensa dan body dilepas)yang baik dan benar tanpa menggiresnya?Soalnya suka ada debu tipis gt.Kira2 debu tipis itu mengganggu gk?
    Masih takut2 mo ngebersihinnya ni…
    Thx b4

  50. Satrio Wibowo said:

    mas saya tetarik dgn fotografi
    tapi belum tau cari angle yang bagus and kompo warnanya … bisa kasih masukan ga? dan bagaimana kita dept jepretan yang bener2 bagus……
    TQ

  51. @Arief: membersihkan mirror tersebut bisa menggunakan blower. Alat ini biasanya berbentuk penyapu dengan fiber-fiber lembut di ujungnya dan terdapat saluran untuk menghembuskan angin untuk membersihkan debu2. Alat ini mudah sekali didapatkan di toko-toko kamera.

    @Satrio Wibowo: komposisi artinya bagaimana tata letak objek dan background pada saat masuk frame. Pengaturan komposisi terserah selera fotografer kok, jadi tidak ada aturan yang terlalu baku untuk hal tersebut. Mengenai pencarian angle, bisa dicoba-coba dengan memfoto objek dari berbagai angle yang mungkin. Lihat hasil foto dan nilai sendiri foto dari angle mana yang menurut Anda manis dan cocok untuk diambil.

  52. bohed said:

    Hlo.maz Ferdi,
    blog yg sangat menarik,terus terang sya tertarik fotografi sejak masa kuliah but baru mulai ada dana sekarang setelah berjuang banting tulang.
    – Sya mo coba buat studio foto kecil2an dengan camera spt apa ya yg sudah terlihat profesional.?
    – n klo pengen nyetak fotony dg hasil yang optimal/max. pke ap?
    Nb. budget mepet maz
    thx benggetz utk masukannya..

  53. Your post is number 1 in Google for keyword: “tips fotografi” :D

  54. Zoo said:

    Mas kalo ngeprin photo dari digital pengen photo hitam putih saya selalu ada hijaunya, padahal setingnya sudah greyscale, saya pake printer epson R230
    terimakasih

  55. @Bohed:
    – semua kamera DSLR baik yang entry level sampai pro semua terlihat profesional kok ;)
    – mau cetak foto-nya tergantung resolusi yang ingin dicetak mas.
    p.s. untuk studio kecil-kecilan barang-barang yang bisa dipersiapkan antara lain body kamera, blitz, blitz tambahan, background, tripod, dll.

    @Amir Karimuddin: hehehe…alhamdulillah mir.

    @Zoo: saya kurang mengenal printer model itu. tapi jika setting di komputer sudah greyscale, maka ada yang salah dengan printer Anda. bisa saja toner printer Anda bocor. coba dicek lagi mas.

  56. adhel said:

    mas….saya pelajar kelas 1 SMA..
    saya mulai tertarik pada dunia fotografi..
    tapi saya belum tahu apapun ttg fotografi..
    saya ingin menjadi fotografer seperti mas..
    bagaimana cara pengambilan gambar yang terbaik??
    dan saya juga terbatas pada budget..
    apa mas bisa memberi saya saran dimana tempat membeli kamera yang murah tetapi masih bermutu??

  57. Robby said:

    Mas Ferdy,

    Kira-kira HARGA JUAL TERTINGGI untuk Kamera NIKON F-801s (second) berapa yach??
    karena saya mau jual Kamera tersebut tapi hanya untuk Bodynya saja tidak termasuk Lensanya
    karena saya mau beralih ke Kamera Digital SLR…

    Nah kalo Lensa Sigma Autofocus (Sigma DL Zoom 55mm) 75-300mm 1:4-5,6 dan
    Nikon Flashlight SB-23 bisa dipakai di Kamera Digital SLR model sekarang ga yach??
    Lalu Merk+Tipe/Model apa yang sesuai untuk Lensa & Lampu Blitz tersebut??

    -Mohon jawabannya kirim ke robby_tx@yahoo.com & bagi yang berminat untuk membeli
    Kamera NIKON F-801s tersebut dapat menghubungi Robby 08567510921 atau bisa juga
    melalui email-

    –TERIMA KASIH–

  58. gunx_s said:

    saya punya kamera canon power shot A430, ingin membuat gambar blur gimana caranya,untuk membesarkan diafragma masuk ke menu apa?thank’s before

  59. Adika said:

    Mas ferdy….

    saya mo nanya…

    saya memakai camdig “Canon Powershot A470″

    – saya mau nanya apa trik memotret agar hasilnya bagus dan memuaskan???

    – Setiap saya memakai super macro, gambar sering blur kenapa? bagai mana cara agar tidak blur?

    terima kasih sebelumnya ;-)

  60. Sapriel B. said:

    Mas Ferdy, oleh kantor saya disuruh pegang Nikon D50. Selama ini saya hanya pakai autofocus saja dengan hasil pas-pasan. Gimana ya mas teknik yang baik menggunakan Nikon D50 secara manual? Terima kasih

  61. gama said:

    Mas ferdy, saya ingin bertanya..
    saya ingin sekali menjadi fotografer..
    dan sebentar lagi saya akan kuliah dan mengambil jurasan tersebut..
    menurut mas..apa yg pertama kali harus saya pelajari lebih dahulu..
    mohon bimbingannya ya mas..^^

  62. rangga said:

    mas yang baik
    saya baru beli eos 1000d dan saya bisa fotografi baru sedikit banget
    tolong diajari tips-tips ngambil gambar dari slr yang bagus
    dan cara mengolahnya
    kebetulan saya sedikit banyak bisa adobe photoshop

    thanks a lot,
    salam

    rangga

    • Tiara said:

      Coba Ikut kelas di JSP Jakarta school of Photoraphy
      cuma 5 X pertemuan dijamin langsung bisa photo
      Telp 83329030

      salam

      • Ferdy F. Rahman said:

        makasih Tiara atas informasi-nya. mudah2an ada yang tertarik :)

  63. Toto said:

    Mas Ferdy,
    Saya baru pegang kamera Nikon D80 punya kantor yang rencananya mau dipake untuk membuat foto-foto sampel furniture di tempat kerja saya. sekarang kami sedang membuat rancangan ruang foto sederhana di tempat kerja, dalam gambaran saya, saya harus menyediakan tripod, dua lampu blitz, payung, tiang lampu, layar untuk background dan perlengkapan pendukung lainnya. Mohon saya diberi saran perlengkapan apa yang harus saya sediakan, beserta spesifikasinya + keterangannya yang jelas, soalnya saya tidak terlalu paham dengan istilah2 fotografi. Kasih yang harganya tidak terlalu mahal ya….
    Thank You

  64. Peny said:

    g lagi belajar foto neh? untuk amatir kaya g apa yang harus saya lakukan?! tolong yah di komentarin?

  65. Peny said:

    g lagi belajar fotografer neh?! apa yang tips buat orang2 amatir yang baru belajar seperti saya?! saya juga ingin menanyakan apabila kita hendar memotret di AV kadang diafragma dengan angka besar kadang suka membuat shuter speed menjadi lama?! apa yang harus dilakukan?

  66. Irwan said:

    Perkenalkan saya pemula, mau nanya mengenai lensa yang pas untuk canon EOS 450 D terutama untuk Macro , allround , wide serta zoom yang cocok dan banyak digunakan?
    T. kasih

  67. badors said:

    keren2 nie tipsnya.. salam

  68. cowboy djogja said:

    mas ajarin yang lain donk.

    aku tertarik banget ama fotografi

  69. iwey said:

    salam kenal..
    mas saya pemula…saya punya masalah pada kamera nikon D 40. sewaktu saya mo ganti lensa, kaca miror yg di dalam kamera kemasukan debu, sempat saya bersihin pake kain pembersih kaca mata, setelahnya kok hasil nya selalu ada titik berjumlah 3 dan berwarna hitam, walaupun ganti lensa yg berbeda tetap sama.sempat juga saya bersihin pake blower tp msh tetap saja. mohon penjelasannya.

  70. Eka Putra Tri Atma said:

    Lam, Kenal Mas Ferdy
    Sy lg menggeluti dunia fhotografy baru-baru ini, ada beberapa hal yang ingin tanya :
    1. Pada saat fhoto model kita pake bukaan berapa ya Mas?pake Manual atau AV,TV,Auto
    2.Acara Wedding, atau pameran dididalm ruangan tanpa Flash , kita pake kecepatan dan bukaan berapa ya Mas?
    3.Kalau pengen Kursus Jurnalis yang bebobot selain di Antara dimana ya Mas?
    4. Thank jawaban.JBU

  71. Anpaw =3 said:

    Waw.sneng bgt bsa nemu web kea gni. . . XD

    Kaka. . .
    Aku masi 15taun. Tertarik ftografi sjak 8bln yg lalu. . Tp smpe skrg gapunya kamera! Buat pemula kea aku bgusnya kamera apa? Yg harganya 2jutan tapi..plis bgt sarannya.
    Trus aku mau tnya,emang mnrut ilmu ftgrafi, ngambil fto yg bgus itu yg lurus dan ga miring2 ya?

  72. haris said:

    mas ferdy yang baik. Saya punya obsesi jadi fotografer professional. pengalaman hanya pegang kamera pokep. kasi saran dong, milih kamera bagus dan tisp memulai untuk mejadi fotografer yang hebbaat tentunya. thanks jawabannya mas.
    Mohon dibalas di email mas. aries_crying@yahoo.com

  73. Jonah said:

    mas kamera saya prosume fujifilm, saya suka modelnya. Tapi banyak yang bilang jelek, saya sudah terlanjur beli. saya jadi tidak semangat buat fotogafi dgn kamera fuji saya mas..
    gmn mas..??
    thank..

  74. dwi septian said:

    mas, sekarang saya ditunjuk untuk ngikutin lomba fotografer ama sekoahku. N skrg aku bingung, aku g yakin aku bisa. bisa g mas nampilin tips cara mengambil foto yang bagus?

  75. to all, jika ingin bertanya seputar fotografi, silakan kontak saya di radenferdy[at]gmail.com
    terima kasih

  76. andree said:

    apa sih yg dimaksud pencahayaan dari bahu ?
    trus artifical light ?

  77. ahmad said:

    salam kenal mas ferdy,
    minta tipsnya donk. gimana caranya ambil gambar pas foto tapi gak ada bayangannya.
    camera poket saya canon power shoot A700. trus untuk terjun ke moving studio foto, apa aja yg harus kita punya. kira2 modalnya brapa ya.

    Makasih mas atas tipsnya

  78. salam kenal mas ferdy
    kebetulan hoby saya sama dengan anda, semua saya lakukan secara otodidak dan mengamati mas, bisa tukeran hasil foto atau link
    ini blog saya http://www.dkdigital.blogspot.com disitu ada beberapa hasil latihanku camera yang kupakai Nikkon D40

  79. mang_nick said:

    salam kenal mas ferdy
    kamera saya canon eos 400D tetapi saya masih bingung nyetting diafragmanya,
    caranya nyetting diagfagma gimana?

    thanx mas

  80. ahmad said:

    Salam kenal Mas Ferdy

    saya seorang tukang foto maten..sy menggunakan camr digital canon 350D . saya pengen tanya gmn sih cara mengaluskan wajah biar halus tapi tidak menguragi detil foto.selam ini sy menggunakan adobe photo shop.toolnya menggunakan apa? atau menggunakan softwere lain, atau ada plug in-nya?

    0k mas itu aja mohon saran dan soluisinya. sematar itu aja matur suwun

  81. kuli said:

    masih banyakkan tips2 yang lain?? aku haus…

  82. roby said:

    mas aku punya canon a470 kok baru dua kali cepret batrenya langsung habis aku pake batre cas yang sony tipe 4300,mengapa ya mas balas di e mail aku febrhyo@yahoo.co.id ya mas tolongi kita ya

  83. @Roby: pertanyaan Anda sudah saya jawab via email.

  84. zoel mks said:

    pagi mas,,,, sy org yg trtarik dengan dunia foto.tp yg sy pux hax hp sony ericsson K810i cyber shot sih… gmana donk mas,,,,

  85. efan said:

    malam mas,,,
    mas saya mw minta tips n saran” dong dibidang ini
    saya baru dibidang ini mas,,,
    mohon saran/tips untuk memulai yha mas
    thx,,,
    mohon di email yha mas
    alamtnya: risko89@yahoo.com
    thx mas

  86. aRinZ said:

    ciang maz….saia sama sekali gag tau fotografi, tp pgn belajar.
    kalo buat pemula enaknya mulaenya pake kamera yg gmn????thanx

  87. to all,

    saya sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan-nya via email ya. semoga berhasil dengan fotografi-nya ;)

  88. rian said:

    mas aku punya EOS 400D,sy pake difuser untuk flash internal tapi yang jadi masalah kalo sy pasang sejajar dengan flashnya malah kurang cahaya terus(jd agak gelap) tapi kalo sy pasang agak bawah dari flash internal hasilnya dibagian atas sangat terang. Semakin bawah saya pasang semakin terang juga bagian atasnya. gimananya???(yg sy foto sofa)
    setting untuk kamera yang pake difuser itu gimana yach?
    kalo ga pake difuser setingan yg sy pake 1/60, F<6, iso 200.
    apa sekarang harus isonya ditambahin kalo pake difuser???
    trim’z

  89. @Rian: pertanyaan Anda sudah saya balas via email. thx.

  90. Azkya said:

    Aquw mu nanya dunkz…

    Akhir2 ni aquw tertarik bgt sm fotografi ya mas. Padahal aku mu belajar pake kamera yg biasa aja dulu, ehg.. suami ku malah beliin aqu kamera Nikon D90..! Seneng jg sih tp Aqu bingung bgt mas. Coz bentuk na berat en gede bgt. Yaa ampyuuun seumur2 br megang kamera yg gede gini mas… buku pedoman na tebel bgt, gak ngerti lg.. coz bhs na pake huruf kanji gitu. hehehehe

    Kasih saya saran dunkz, belajar na musti gmn…
    Makasih ya mas!

  91. @Azkya: saya sudah balas komentar Anda melalui email pribadi. silakan dilihat.

  92. @Dana: silakan bergabung. ada yang bisa dibantu?

  93. laras said:

    hai mas, salam kenal yah,,,
    aku ini suka banget sama fotografer tapi sama ortu aku gak boleh sama sekali. mama cuma pengen banget di bidang music selama ini aku mengumpulkan uang untuk membeli cameranya
    mnurut mas yah canon tipe berapa sebagai pemula??
    ouh yah emang bisa yah ganti” lensa di camera??

  94. dian said:

    salam kenal yah…
    apa c gunanya metering itu? dan sepengaruh apa pad foto yang kita ambil…
    trus kalo metering saya terkadang gak jalan.kayak kekunci gitu..
    gimana yah cara betulinnya

    saya menggunakan nikon d60..
    makasih seblumnya…

  95. iib said:

    lam kenal mas…..
    ak seneng banget ama fotografi….
    tapi masih pemula mas….
    truz kasih tau dunk mas…
    operasiin item2 pada kamera digital…
    hehehehe…ng tau blaz mas…
    thanks bro…

  96. wah baru nemu site tentang foto dari orang indonesia ^^

    numpang nanya dunk kak Ferdy,
    aku baru dibelikan lensa macro EF 60mm
    setelah aku coba, hasilnya ga se-macro yang aku inginkan >.<

    pas aku coba liat ke dalam lensa nya (lensa sudah lepas dari body kamera), ternyata bisa melihat kulit tangan saya sampai DETAIL sekali

    Lain sekali pas di attach ke body kamera
    koq bisa begitu yah?

  97. Roedy said:

    allow..salam kenal bang ferdy..
    saya suka fotografi, tp saya gak tau apa2 ttg fotografi..
    modal saya cuma Nikon D80 lensa 18-135mm..
    mohon tips dan sarannya bang..trim’s..

  98. septian said:

    aoo…
    salam knal mas ferdy,…

    oia,. saya suka fotografi natural atau lebih ke arah alami,. itu karena saya lihat hasil foto teman saya,.
    saya sendiri belum mencobanya,.

    boleh minta tips apa saja acesories selain SLR yang saya punya (canon EOS 450D)????
    n’ tele lensa yang pas buat itu???

    tolong balesanya yuaaa…
    septian_permadi@yahoo.com

    THX B4

  99. yochan said:

    hai salam kenal, saya tertarik sama fotografi, tapinya kok susah yah ngambil posisi yang pas biar bisa memperbagus foto,, ada tips buat saya? thanx

    • halo yochan,
      lebih enak dan mudah kalo ngobrol di jalur pribadi (email aja ya). thx.

  100. dwi said:

    aku meh komentar apa ya…
    yg jelas jgn berhenti memotret sebelum kamera anda rusak… klo rusak ya diservis sih,klo masih bisa… hehehe..
    semakin sering belajar motret semakin bagus…

  101. deaqueen said:

    om nanya dunn…
    .ako sdangg menigmati fotografi ni.. tulung ung ajari cara foto” yg baigg hehehe
    .kamera buadd fotografii yg asli nmana apah? hrgana brp? sualna ako biasa pake kamera HP ma digital.

    .bls d FS ako ajah iia om.. thanskiuh dinanti loooh permasuri@yahoo.com

  102. ochiy said:

    salam kenal mas,

    aku punya kamera digital yang 7.0 Mpix – optical zoom 3x
    ku mau dong tips buat hasil jepretan yang bagus kayak fotografer prof..
    soalnya ku suka sebel dengan hasil jepretanku!
    kirim di e-mail ku yah mas,,
    thanks before.

  103. aRinZ said:

    malem maz…lam nal…

    hmmmm…pengen banget belajar fotografi. buat pemula cocokna pake kamera yang gimana???
    oia,, saia bole nyuplik tips sampean buat dikasi dblog gag???hehehe

    thanx banget….

  104. @ARinZ: untuk memulai bisa dengan kamera prosumer macam Canon S5 IS karena fitur yg ditawarkan cukup komplit dan flexibel.silakan di-copy tips-nya mas tapi jgn lupa cantumkan saja creative common attribution nya ya. Thx.

  105. mas. saya punya camera D80, cuma saya masi ingung bagaimana cara setingan nya. selama ini saya taunya hanya pakai autonya aja. tolong ajarin cara setingan n pungsi yanglainnya.
    tapi kalo ada buku atu caranya bisa dong di ajarin, atau di kirim ke imel qta. hee.
    teng sebelumnya.

    • cara termudah dalam mempelajari fitur kamera digital Anda (D80) adalah dengan mencoba satu persatu mode exposure yang ada, seperti full auto, potrait, landscape, and so on. setelah dicoba amati perbedaan yang dihasilkan masing-masing mode tersebut.

      cara lain adalah dengan membaca manual yang tersedia pada pembelian DSLR Anda. pelajari satu-satu mode tersebut berikut peruntukan-nya. jika bingung karena halaman manual book tersebut, ada cara yang cukup singkat mengetahui fungsi fitur-fitur DSLR Anda, seperti pada link yang saya berikan di bawah ini.

      http://www.dpreview.com/reviews/nikond80/page6.asp
      http://www.dpreview.com/reviews/NikonD80/page7.asp

  106. agus said:

    gmana cara ambil gambar yg bagus pake kamera digital biasa

    • ada banyak definisi ‘gambar bagus’. definisi-nya bisa berupa exposure yang bagus, color, contrast, white balance dll. menggunakan kamera digital biasa (pocket camera) dalam memfoto bisa juga menghasilkan gambar yang bagus. pelajari setting shutter speed, aperture, white balance dll. pada kamera Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  107. heddot said:

    halo mas,saya mo nanya kalo pake kamera digital biasa gimana sih biar hasilnya bisa bagus???minta trik2nya donk..makasih

    • heddot,
      salah satu triknya adalah dengan mempelajari menu yang ada supaya menghasilkan exposure yang tepat, tidak flushed out, dll. trik lainnya adalah sering-sering latihan atau memfoto menggunakan kamdig Anda.

  108. ade said:

    kak aq minta artikel ini y bwt di posting d blog club aq
    alnya dah deadline ini,thx y..

  109. Nadine said:

    bagaimana bisa bikin foto yang blur back groundnya tapi objectnya tertangkap jelas

    • set bukaan aperture besar, e.g. f/1.8 dengan focus pada object di depan

  110. fikri said:

    bang . saye maw nanya niey . saye ini baru nk mencoba tntang fotografi, saye cuma memiliki kamera BENQ. tapi saye cuma bisa mngambil gambar yg biasa biasa saje . gimana ya ?.

    • jenis atau tipe kamera ngga terlalu berpengaruh pada gambar yang dihasilkan mas. yang lebih penting adalah momen, orang di belakang kamera, dan seberapa mahir kita menguasai fitur kamera kita sendiri.

  111. bazt said:

    mas…maw tnya ni….
    saya kn baru2 ni maen d foto,udh mayan ngerti dkit2..cm kdng2 bingung dapetin frame yang bagus gmn?? cara belajarnya gmn y??
    truz untuk foto model2 n pemandangan paket lensa pa c??

    • jika Anda bagi frame kamera menjadi 9 sub-frame, maka object bisa diletakkan pada salah satu frame tersebut. biasanya object diletakkan di tengah frame (kotak 2,2)

  112. gita said:

    salam kenal.
    akhr2 ni saya tertarik sekali dengan fotografi dan sama sekali belum mengenal secara jelas tentang fotografi. Saya minta saran untuk mengembangkan minat saya sebaiknya saya belajar otodidak atau ikutan sekolah fotografi. Trus kira2 kamera apa yang cock untuk pemula. Terima kasih

  113. adie said:

    salam kenal mas
    mo nanya ni, saya pemula pake canon 1000D dengan lensa kit. klo motret acara di ruang pertemuan seperti di aula hotel itu pake setting yg gmana ya, saya kemarin coba2 kdg pada mode otomatis portrait, night mode, kok rasanya masing belum puas yaa. thanks infonya

  114. leny said:

    salam kenal

    bang ferdy..klo photo macro gmn caranya,klo ambil gambar dr jarak 5/10 cm koq ga bs yaa…saya pake canon 1000D, apa pengaruh lensa juga..krn lensanya msh bawaan 18-55mm? maaph masih awam niy..awalnya saya hanya penikmat hasil karya fotografer…truz klo photo siang hari outdoor biar ga high exposure gmn Y?

    thx..ditunggu advicenya…

  115. rini said:

    tertarik sama fotografer…tapi ga punya kamera hehehehe

  116. subur W.A said:

    mau nanya ni mas fred

    bagaimana caranya memfoto lukisan biar tidak ada pantulan cahayanya.
    makasih

  117. Tee said:

    Looking for Canon Power Shot Camera

  118. Bram said:

    bagus2 mas tipsnya.. sampe ada yg posting ini di kaskus juga..

    thanks & ijin baca ya..

    • wah terima kasih udh mampir mas. sukses untuk wedding photography-nya ya. foto-nya bagus-bagus. jadi pengen ;)

      • Bram said:

        bagus2? masa sih mas?

        kynya masih mantepan situ deh.. hehehe.. :D

      • biasanya yang merendah seperti mas ini yang punya hasil jepretan istimewa, hehehe…

  119. mukhlis said:

    slm knal.. aku bru tertarik nh sma dunia fotografi..
    mas, aku mau tanya nh.. klo aku mau foto ikan cupang d aquarium.. biar bgs gtu gambarnya tipsnya & triknya gmana y?? kan ikannya gerak” gtu.. jdi ssh bgt dpt gambar yg bgs.. trs kamera rekomendasinya apa y??

    • biar bisa dapet hasil tajam dalam mem-freeze gerakan ikan tersebut, gunakan shutter speed yang kecil.
      supaya dapet gambar yang masuk ke dalam aquarium (tanpa refleksi dari air), gunakan filter CPL.

      good luck.

  120. bhulk said:

    mas aq pemula di bid fotografi mo nannya OLDIG itu istilah apa ya???
    thanx before

    • Oldig itu istilah singkatan untuk ‘olah digital’. Jadi setelah hasil jepretan kita dapatkan dari SD Card, biasanya kita melakukan olah digital seperti crop, resize, dll.

  121. bhulk said:

    lho beneran mas aq gak tau istilah oldig itu ap….mohon bantuanya…

  122. ika said:

    Dear Mas Ferdy,

    Aku sudah lama menaruh minat besar pada fotografi, tp br memulai blm setahun ini. Aku cenderung menyukai tema human interest namun ada keterbatasan pada lensa (pake nikon d60, lensa kit 18-55mm). Untuk lensa jenis itu bgmana yah biar detail objek bisa tertangkap jelas krn slm ini hasilnya flat bangeet. Kalau settingan dimanual bagusnya pake bukaan brp agar detail tertangkap jelas?.

    Thanks bgt ya mas..

    P.S reply to my email pls.

  123. heni said:

    mas lam kenal yah.mas aku heni.mas aku lagi belajar ftgrfi n aku punya kamera canon 400d.mas ksh th dong settingan kamera biar menghasilkan ft yang bagus.terus gimana caranya memotret obyek(anak) biar fokus ke anaknya aja n backgroundnya mendadi blur or dof.tolong bales ke email aku yah.tx

  124. dwi said:

    kykny diskusinya panjang bgt pak, sampe lama saya nggak ngikutin. hehehe
    oh ya pak ferdy. ni lama2 400Dku SCnya udah mw habis boo… udah nyendat2… sialan…
    udah mulai rewel… tp fotonya tetep yahuudd boo…
    aku ganti di settingan picture style, aku naikin saturasi, ama apalagi lupa.
    jd custom pict style deh.hehehe…
    tp klo misalny noise- ya mau gak mau keangkat juga tuh noise. oh noo…

    • wah boleh juga tuh tips-nya mas dwi. tapi setau saya noise di CMOS sensor 400D ngga separah di D80 Nikon saya dulu ;)

      • dwi said:

        tapi noise 400D sya ntu keliatan bgtnya klo udah di iso 1600 terus dgn settingan ntu ya parah. jd mending jdi BW aja klo noisenya parah.

  125. nur mahmudah said:

    mas kapan-kapan tolong dibuat manfaat fotografi dalam desain komunikasi donk.

  126. vera said:

    mas saya punya kamera 450d, gmn crnya spy di blk objek menjadi blur,kl didlm ruangan knp objeknya suka gak focus

    P.S reply to my email pls.

  127. portal untuk berbagi tips dan sharing fotografi melalui auliasunni.blogspot.com

  128. teddy iskandar said:

    tips sederhana yang sangat membantu dan sangat mengingatkan saya kembali pada sebuah dasar yang terkadang terlupakan. Untung deh baca tulisan ini.

  129. teddy iskandar said:

    tinggal di wilayah mana om?

    • halo Teddy, saya tinggal di daerah Setia Budi, Jaksel.

  130. dwee lv said:

    salam kenal mas ferdy..
    aku sering gnt2 merk pocket kamera n rsny skrg pgn coba digital SLR kr2 yg g tll mahal,gmpg pake n settingny ( mklm buta neh dgn SLR ) tp hasilny g ngecewain merk n model apa yah yg cocok ??..makasih sblmny

    • untuk entry-level DSLR bisa coba Nikon D3000/D50 atau Canon 1000D.

  131. antono said:

    Lam kenal Mas, aku kok tertarik stlah mengikuti tanya jawab, ingin bisa foto grafi mas tuk main di kampung, (foto panggilan ) saran kelengkapannya dan mhn direkomendasikan nikon atau canon slr.(tono.an@yahoo.co.id)

  132. shodiq harianto said:

    lam kenal bunk. saya dah 1 taun punya kamera sony A 200. ketika moto untuk hitam putih kurang kontrasnya. gmn donk caranya biar foto b/w saya bagus. trus banyak fitur2 di kamera yang belum saya ngerti n gunakan dimana saya bisa dapat info penggunaan fitur2 pada kemera sony A 200? thank atas jawabannya

  133. Maulana Arditya said:

    Halo mas Ferdy, saya sudah belajar fotografi selama 3 tahun sejak SMA sampai saya kuliah sekarang, saya sudah merasakan susah senangnya mengabadikan momen kedalam potret. Selama 3 tahun tersebut saya memulainya dari kamera pocket canon dan sony…. alhamdullilah sekarang saya sudah pakai prosumer Fuji S 1500 dan DSLR Canon 500 D ..
    Ketika saya lihat posting mas Ferdy untuk saudara Fikri yang berbunyi :”jenis atau tipe kamera ngga terlalu berpengaruh pada gambar yang dihasilkan mas. yang lebih penting adalah momen, orang di belakang kamera, dan seberapa mahir kita menguasai fitur kamera kita sendiri.”

    wuih!Secara tidak langsung saya merasa lebih termotivasi lagi!! terimakasih mas!!
    selain nambah ilmu, mas juga nambah motivasi saya untuk lebih berkarya!!
    sekali lagi , terimakasih !!

    Salam Fotografer!!

    • Ferdy F. Rahman said:

      maulana, apa yang saudara Fikri bilang itu ada benernya. saya juga pernah liat kok hasil jepretan fotografer kondang Indo pake kamera pocket doang, hasilnya…mantab! selamat berkarya mas.

  134. tattock said:

    hi, bro. akhirnya gak sengaja bisa mampir sini, sambil nungguin streaming-nya vs lille. mungkin sebelumnya hanya tahu nama di milis/forum bigreds. nice blog, really. i’ll be your follower. ynwa

    • Ferdy F. Rahman said:

      wah, sangat senang rasanya ada die hard liverpool fan mampir di blog saya. salam kenal mas Kurnia. saya mampir2 juga ke blog mas ya, hehe.. . YNWA!

  135. Hensiana said:

    Mas, saya punya kamera Nikon D90. Sampe skrg masih blajar motret sana sini, tapi hasilnya blum ada yg bagus. Saya tertarik dgn Potrait. Setingan apa yg hrs saya pake? S/F/WB dsb nya. Saya tertarik utk membeli Extra Blitz. Kegunaan nya apa sih mas?? Apa blitz dr kamera itu sendiri kurang befungsi? dlm situasi apa saya bisa pake extra blitz tsb?? Terimakasih sebelum nya.

    • Ferdy F. Rahman said:

      - setting-an itu tergantung selera si yang punya kamera. kalo merasa hasil-nya kurang bagus, coba analisa, aspek yang kurang bagus itu apa. apakah aspek komposisi? warna? momen? perbaiki satu-satu aspek tersebut. tiap kali menjepret, perhatikan dengan baik hasil dari tiap jepretan. untuk setting, biasanya saya menggunakan tone paling vivid untuk kamera dan lensa nikon.

      – kekuatan extra blitz lebih baik daripada built-in blitz, dalam hal jangkauan, fitur, timing, dlsb. memakai extra blitz dilakukan seperti dalam kondisi untuk mengisi pencahayaan pada ruangan tertutup, atau ruang terbuka gelap untuk memberikan lighting pada foreground dan background juga.

  136. Yusri said:

    mau nanya mas… biasa saya trkadang malu tuk mngambil gmbar… wlawpun bareng tmn2 sya, gmna cranya yah biar PD gitu, soalnya tiap kli mau ambil gambar, sring ada yg nahan, kyknya ragu gitu, gmana ya mas?? tolong dibalas yah.. siapa aja deh… makasih…

    • Ferdy F. Rahman said:

      Yusri: ngga ada alasan untuk malu kok, orang yang jago moto juga ngga langsung jago, mereka pasti coba2 dulu, menerima kritik, kemudian berusaha menjadi lebih baik. Jauh lebih baik orang yang mencoba dan gagal daripada berhasil tapi tidak mencoba sama sekali ;)

  137. nanik said:

    salam kenal mas…
    aku seneng banget ftografi cuma ga tau caranya,saat ini cuma asal jepret aj,mas bisa dong dikirim tips mendapatkan enggel yg bagus ke emailku ya…tks bget…

  138. rere said:

    wah,,,aku pengen bgt bisa motret dalam arti mendapatkan hasil yang memuaskan. tapi kameraku bukan kamera yang mahal,,,kira2 bisa mendapatkan hasil yg memuaskan ga ya?

    • Ferdy F. Rahman said:

      rere: bisa banget! memuaskan itu juga tergantung kemampuan optimal kamera Anda.

  139. mas ferdy, saya ingin membidik seorang wanita yang cantik jelita dan baik hatinya untuk menjadi isteri saya, kira-kira dengan kamera apa ya cocoknya? masalahnya orangnya juga saya belum ketemu… tolong pencerahannya ya mas…

    • Ferdy F. Rahman said:

      membidik-nya juga dengan kamera hati yow ;)

  140. Kalo membidik pake jepretan dari karet gelang bisa ga mas? masalahnya hati lagi mahal harganya di pasar induk…

  141. made said:

    mas saya pemula di fotografi. boleh minta saran gak. Jam berapa aja bagusnya ambil foto? trus kalo mo mendalami makro apa yang harus dipersiapkan?

    • Ferdy F. Rahman said:

      Halo Made,

      Menurut saya jam berapa saja bagus ambil foto. Tapi pendapat saya paling bagus pas dawn karena tone warna pada saat itu sedang bagus. Untuk fotografi makro, selain teknik mengambil gambar makro, butuh peralatan yang memadai juga. Peralatan seperti flash macro, lensa macro, atau kalau mau coba-coba dengan lensa yang di-reverse. Tips untuk makro ya kekuatan tangan harus steady. Karena jarak lensa dan objek dekat, pergerakan sedikit saja bisa menyebabkan blur. Satu tips untuk fotografi makro, coba foto tetesan air yang merefleksikan scene. Selamat mencoba.

  142. zack said:

    halo mas ferdy,mau tanya dong klo buat moto bulan ato bintang “setigan manualnya apa aja?.kamera saya prosumer.aperatur nya cuma bisa sampai f.8,,

    • Ferdy F. Rahman said:

      hmm…Untuk hasil yang baik untuk foto bulan, bisa pake lensa zoom, tripod, bukaan kecil aja (f/18 atau f/22) supaya dapet semua field-nya, shutter speed pake 30s atau bulb. ISO bikin rendah aja supaya ngga terganggu ama noise kalo pake ISO tinggi. tripod bener-bener perlu, atau kamera bisa di rebahkan ke arah objek/bulan, yang penting saat shutter ngebuka jangan goyang aja.

    • Ferdy F. Rahman said:

      Halo Mas Budi. Terima kasih sudah mampir. Ok saya akan coba-coba liat ke blog-nya mas Budi.

  143. zee said:

    mas minta tips foto landskape dong.trur cara membuat komposisi dalam foto gimana.mohon bantuannya saya pemula

    • Ferdy F. Rahman said:

      Hello Zee. Mungkin bisa lewat email aja ya.

  144. salam kenal mas Ferdy? saya baru saja beli kamera Nikon D3000 dan saya juga baru mau belajar fotografi. gimana menurut mas ferdy tentang Nikon D3000? Dan cara perawatan camera supaya tampak bagus dan awet?

  145. blog nya bagus mas, saya juga bekerja sebagai freelance photographer, untuk advertising, food, company profile. Kalo temen mau liat silahkan mampir http://www.internet-living.com, saya hanya menulis pengalaman saya saja mas…maklum bukan anak sekolahan tapi ya sampe sekarang bisa hidup dari fotografi…..

    • Ferdy F. Rahman said:

      Halo Nico,

      Saya sudah mengunjungi website mas, tentang tips fotografi dan review kamera. Banyak tips fotografi yang bisa saya pelajari juga. Terima kasih sudah mampir ke blog saya dan sharing mengenai tips fotografi.

  146. Prema said:

    salam mas ferdy …
    artikelnya, membantu n’ bagus …
    oy …
    saya, lg pngen bljar bwat IR ne mas …
    kl, refrensi filter IR bwat nikon D90 ap y mas???
    n’ ad efect jlek bwat lensa g mas???

    • Ferdy F. Rahman said:

      dari beberapa review, Hoya R72 IR filter bagus jg buat D90. filter itu secara posisi ditempatkan di depan permukaan lensa, jadi selain filter bisa mem-protect lensa juga. efek jelek ngga ada.

  147. tota said:

    Pak Fredy,

    Saya mo tanya mengenai filter, Pak.
    Apa sih bedanya antara UV Filter dan Skylight Filter.
    Untuk saat ini saya sudah punya UV Filter. Saya ingin membeli Skylight filter, yg saya kira fungsi Skylight Filter ini untuk membuat langit lbh bagus birunya. Ataukah fungsinya hampir sama dengan UV filter tersebut.

    Terimakasih.

    • Ferdy F. Rahman said:

      Skylight filter memberikan sedikit warm pada hasil foto. Kalo diperhatikan sedikit agak2 pink gitu hasilnya.

  148. yuni said:

    minta saran donk, kira2 SLR yg harganya miring n yg cocok buad pemula yg cm seneng motret apaan ya?makasi… :)

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo yuni,

      untuk Canon mungkin bisa liat 60D, 550D. kalo Nikon coba liat spec-nya D7000, D3100, D3000, dan D5000.

  149. aslia said:

    saya mau tanya, cara ngambil sudut foto byar kliatan foto yg biasa aj jadi bernilai seni gmn y.? terutama bwt pemula yg mau ngembangin hobi.? d tunggu balasanny y.. trims

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo aslia,

      bisa dimulai dari baca-baca tentang 9 segment composition, atau kalo mau ambil sejajar kepala dengan objek, di bawah banget (hampir menyentuh lantai) atau kalau mau di atas banget (atas kepala). selamat mencoba.

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo mas awan,

      thanks udh mampir. amin. semoga sukses juga buat mas awan.

  150. puspita sari said:

    apa fotgrafi itu sebuah bakat?
    trs gimna biar saya bs memotret dgn bgus?
    bls d email q saja ya..tq before..

  151. angle yg tepat……………………….
    bgi tips dunk, buat cari angle yg tepat..

    • Ferdy F. Rahman said:

      Angle yang tepat untuk objek manusia atau apa nih?

  152. andrian said:

    ka, aku minta tipsnya donk , utk dpetin angle yang bagus n tepat
    objeknya manusia sama view….

  153. adit said:

    wah… tipsnya keren.. yang pasti perlu latihan..
    klo udah terbiasa, nanti bisa secara spontan dpt ide2 baru.

    Basic Fotografi

  154. encha said:

    salam kenal…
    saya juga mau tips.a donk mas, gimana cara.a biar dapet angle yang pas.

  155. martin said:

    numpang tanya mas, kamera saya sony DSC30, ada hal yang saya tidak tahu solusinya yakni : tampilan gambar kalo dilihat dari monitor kamera bila hendak memotret kabur walau dah disetel dengan pengaturan jarak W(-) -T (+) tetap ngga mau. semakin diatrik dekat malah tambah kabur, digeser jauh agak mending tapi ngga bersih. apakah solusinya mas ? maklum mas pengguna pemula.

  156. ayu shafira said:

    mas aku fotografer baru nih aku pake kamre nikjon type D 3000 menurut masnya pas gak yah?
    trus mas aku juga belum tau cara dapet angle yang pas gitu loo :O
    aku dikasih tips atau apalah gitu mas :o mohon bantuannya :)

    salam fotografi

  157. tokodoni said:

    Halo..
    Sebagai orang baru di dunia fotografi, kira2 apa yang menjadi trenfotografi ya mas?
    Kan ada foto makro, landscape dll?

    Thanks

    • Ferdy Ferdian said:

      Beberapa kali saya liat frekuensi foto dengan tren HDR semakin tinggi :)

  158. Sonys ets zzalbus said:

    Sngat bagus…..

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Sonys,

      Thanks!

  159. ezha pratama said:

    mas sy sbnernya udah tertarik sama bidang fotografi udah lama,
    tapi dana untuk membeli kamera yg bagus itu belum pernah ada,,
    kebetulan HP sy ini Sony Eicsson T715 mempunyai resolusi gambar yg cukup bagus,sampai dgn 3.2 MP
    tapi sy masih agak ragu dalam pengambilan angle gambar,harus d ulang berapa kali,,baru kliatannya bagus
    sy ingin skali mendalami fotografi,yg mungkin ke depan harinya nanti bukan cuma skedar hoby ssaja,tapi bisa menjadi sampingan sy,
    mohon bimbingannya mas..
    makasi sebelumnya..

  160. Malam Mas.. Mas saya mau tanya,, Camera saya Fujifilm Finepix S2980. Saya Masukin foto dari leptop ke memori card . tapi ketika memori nya saya pasang ke camera,, foto” nya banyak yang gak masuk.. pdh; JPG semua,, minta bantuan nya mas ya..

    • Ferdy Ferdian said:

      Bisa diperjelas step-by-step ‘masukin foto dari leptop ke memori card’ nya seperti apa?

  161. Ming said:

    mas ferdy, saya baru belajar fotografi, tertarik bgt ma yang namanya foto bokeh, tp kamera saya cuma prosumer, sy pake ff finepix s4300, kira2 bisa bikin foto bokeh gak ya, soalnya sy dah googling, hasilnya cuma kamera SLR/DSLR yng bisa, boleh dong ajari trik na dng kamera prosumer…thanks

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Ming,

      Bokeh bisa dihasilkan dgn baik kalo bukaan lensa besar (e.g f/2.0). Jadi ga tergantung body kamera. Coba cek kamera Anda bukaan terbesarnya berapa?

  162. legato said:

    mas cara memotret dengan menggunakan kamera KOdak easyshare z990 supaya beckground menjadi blur gmn??dan fungsi dari backlight,self portrait dan fire work…maklum baru belajar…hehehehe, tolong di kirim di email saya ya mas,mksh

  163. Your own report provides established necessary to me personally.
    It’s really useful and you really are naturally very experienced
    of this type. You have got popped our eye to be able to various views on this specific subject using
    interesting and solid written content.

  164. I tend not to create a great deal of comments, however I looked through
    a few comments here Tips Fotografi | The Radenferdy.

    I do have 2 questions for you if it’s allright. Is it only me or does it look like some of the comments appear like they are coming from brain dead visitors? :-P And, if you are writing on additional online sites, I’d like to follow everything fresh
    you have to post. Could you make a list of all
    of your social community sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  165. Bakhtiar Rahmani said:

    Tolong dibantu mas, sy baru beli kamera fujifilm finepix S2980 (kamera baru) tapi setelah sy ganti batterai baru/energezer 1300 mA (karena baterai lama sudah soak) ternyata tidak bisa menyala. Kalo di on-kan hanya menyala lampu indikatorx warna hijau lalu mati kembali. sy ganti lagi dgn batterai alkalin AA ternyata sama sj. Kalo boleh dijawab di e-mailku. Tks !!

    • Ferdy Ferdian said:

      sudah pernah unplug SD card dan insert lagi?

  166. damos said:

    Slm kenal ms ferdi!

    Sy pemula di dunia fotografi dan sy punya dua kamera
    Olympus E500 dn canon 1100.
    Ɣªήğ sy mau tanyakan
    1.bgmna cra mrubah diafragma di olympus E500?
    2.klo mau mndapatkn hsil bokeh di lnsa kit 18-55mm canon 1100 itu bgmna?
    3.mndptkan hsil yg bagus saatobyek yg brgerak,landscape dan angel2 yg pas.

  167. damos said:

    Slm knl ms ferdi!
    Sy pemula di dunia fotografi ada yg mau tnya nih,sy pnya dua kmr olymousE500 dn canon 1100
    Klo mau mrbah diafragma di E500 gmn dn cr mndptkan gmbar bokeh di lnsa kitt 18-55mm canon 1100
    Thx ya mas!

  168. Salam kenal mas FERDY
    Salut dengan mas ferdy, pertanyaan dan jawaban klop bahkan banyak banget dan umumnya berbeda2.
    saya pemula fotografi mas dan kamera yang saya punya Canon 350 D (Second) dan lumayan mulus.
    Yang saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara memindahkan/transfer hasil jepretan ku ke laptop ?
    2. Apa benar sebaiknya menggunakan laptop dari pada PC?.
    3. Mana yang terbaik antara menggunakan kabel data dengan Card Rider
    4. Berapa idealnya memory yang bisa digunakan.
    Tks ya mas dan SUKSES SLALU.

    • Ferdy Ferdian said:

      Hello Mardanus,

      Saya coba menjawab pertanyaannya ya:
      1. Memindahkan atau transfer foto dari kamera 350D ke laptop/PC setau saya hanya bisa dilakukan dengan 2 cara:
      1.1. Menggunakan kabel data dari 350D ke laptop/PC
      1.2. Menggunakan memory card. Jadi, copot card reader dari kamera (sebaiknya dalam keadaan kamera udh mati), kemudian plug in ke laptop/pc menggunakan card reader.

      2. Tidak benar. Menggunakan laptop dan PC sama saja. Salah satu keunggulan menggunakan laptop yaitu laptop bisa dibawa-bawa.

      3. Dua-duanya oke. Tapi masing2 punya kelebihan dan kekurangan. Tapi saya lebih suggest transfer foto menggunakan card reader (dibaca: kard rider) krn gampang dibawa2, transfer rate lebih besar, ga ribet dengan kabel.

      4. Tergantung dari tipe file dan ukuran foto, dan juga jumlah foto per session/hunting. File dengan tipe RAW lebih besar daripada file terkompresi (JPEG, dll.). Kalo Anda lebih suka mengambil foto dengan tipe RAW, saya sarankan ambil memory minimal 32 GB.

      Terima kasih dan good luck.

  169. rio bagus p said:

    Om ferdy ∂Ķΰ lg mauu belajar fotografi , Θάπ rencana ♍ªύύύ beli canon 1000D kira kira gimana mas? Cocok ‎​Ъќ buat pemula ..
    Θάπ caranya sama atau tdk , kalo ♍ªύύύ bkin gmbarnya keliatan bokeh ?

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Rio,

      Ya boleh2 aja si pake 1000D. Yg lebih penting itu konsep fotografi, seperti pengaruh: shutter speed, aperture, ISO, tipe lensa, dll. terhadap hasil gambar.

      Bokeh bisa dihasilkan salah satunya dengan mengubah aperture sebesar mungkin, e.g. 1/1.8, 1/2.0, etc.

  170. arman said:

    mas numpang nanyaa cara menggambil foto dengan efeklampunya bergarissaay kita foto gimana yakk
    tpi foto kitatetap fokus danbgaimana carafotopda malam hari biarnampak keren tanpa flash :D

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Arman,

      Pertanyaannya dikirim ke email saja ya.

      Cheers.

  171. sy pertama kali belajar fotografi pakai kamera analog. jadi benar benar harus latihan kepekaan mata. tips terpenting adalah jangan pernah berhenti memotret.

    • Ferdy Ferdian said:

      Setuju. Saya juga masih punya kamera film Yashica. Kamare film membuat kita terlatih untuk mengambil foto lebih hati2.

  172. sidiq said:

    Mas saya mau tanya,camera saya merek canon A430 kalau photo di sinar matahari hasil gambar nya putih,itu gimana cara ngatur supaya tdk putih mas?makasihh

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo, saya balas ke email kamu ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 995 other followers