Haji Na’im

Orang Jakarta yang pernah bermasalah dengan tulang-belulang dan persendian seperti keseleo, patah tulang, salah urat, dislokasi, pasti sudah mendengar atau pernah datang ke Haji Na’im. Saya juga pernah dengar, tapi baru beberapa minggu yang lalu datang ke sana. Bagi yang belum tahu, Haji Na’im adalah tempat yang cukup terkenal untuk mitigasi penyakit yang berhubungan dengan tulang, sendi dan otot. Berdasarkan cerita orang-orang, Haji Na’im sendiri sudah meninggal dan saat ini adalah anak-anaknya yang melanjutkan praktek pengobatan. Apakah anak-anaknya sehebat ayahnya dalam mengobati? Mudah-mudahan jurnal ini bisa bantu sedikit bagi orang-orang yang akan berobat ke sana.

Pertama kita harus mencari tahu dulu lokasi praktek Haji Na’im ini. Kebanyakan sopir taxi di daerah TB Simatupang, Fatmawati, Cilandak dan sekitarnya tahu tempat prakteknya. Paling gampang dan cepat adalah dari arah Fatmawati atau Citos. Dengan posisi Citos di sebelah kiri, terus ikuti jalan dan belok kiri ke arah Prapanca. Tidak seberapa jauh dari belokan tadi, ada jalan kecil ke kiri setelah bengkel. Jalan ini menuju ke arah komplek MPR. Setelah masuk ke jalan kecil ini ada jalan ke kanan, namanya Jalan MPR III Dalam. Ikuti saja jalan ini sampai ada belok ke kanan sedikit. Di belokan ini ada beberapa mobil dan motor parkir, ada mobil Ambulance juga. Kita bisa lihat juga beberapa pasien ramai menunggu giliran diobati. Rumah prakteknya biasa saja, tidak seperti klinik atau praktek dokter.

Kedua kita harus bersabar mengantri. Yup, orang-orang yang akan datang ke sini sudah maklum akan mengantri lama. Begitu masuk, lepas sepatu/sendal dan mengambil nomor urut pengobatan. Saya waktu itu dapat nomer urut 36, sementara yang diobati nomer 21. Terbayang bagaimana menunggu 15 orang diobati dulu sambil menahan sakit karena dislokasi ;) ? Di ruang tunggu kita bisa sedikit terhibur atau malah menjadi ketakutan. Terhibur karena melihat pasien yang sakit ringan yang diurut sambil menahan sakit dan geli-geli khas ketika kita diurut, para pegawai dan pengurut pun kerap bercanda kepada orang-orang yang mereka urut. Menjadi lebih ketakutan melihat pasien parah yang berteriak sekencang-kencangnya karena menahan sakit yang luar biasa. Ya beginilah rasanya, kalau mau datang silakan siapkan mental dan fisik.

Ketiga pada saat diurut. Ketika nomor urut kita dipanggil, segera serahkan kartu nomor urut ke pemanggil dan langsung duduk ke salah satu pengurut, anak-anaknya Pak Haji Na’im. Saat itu ada dua orang anaknya. Diberikan sedikit minyak urut pada lengan kanan saya dan diurut sebentar untuk melemaskan sendi. Kemudian tangan saya diangkat ke atas dan seketika itu juga saya langsung sembuh. Wow, lebih lama mengantri daripada mengobatinya, hanya sekitar lima menit saya duduk sudah langsung beres.

Yang terakhir adalah pembayaran. Setelah selesai diurut, keluarkan uang dan berikan sembari bersalaman dengan bapak yang mengurut kita. Lebih sopan lagi kalau memakai amplop. Tidak ada patokan harga di sini karena mereka memang meminta seikhlasnya. 

Jika Anda membawa mobil, agak susah cari tempat parkir kecuali kalau mau menyempil di pinggir-pinggir jalan. Kalau Anda naik taxi, Anda harus keluar lagi ke jalan besar seperti ke Prapanca untuk mencari taxi pulang. Anda yang membawa motor tidak masalah karena parkir motor banyak di sana. Orang-orang yang bilang Haji Na’im sudah tidak bagus lagi pengobatannya sebaiknya memikirkan kembali hal tersebut. Karena dari yang saya lihat dan alami, pasien-pasien yang datang cukup puas dan langsung sembuh saat ke sana. Bagi Anda yang menginginkan solusi cepat tapi cukup sakit, silakan saja mencoba pengobatan dengan Haji Na’im ini. Bagi Anda yang lebih mempercayai pengobatan dari dokter yang lama dan tidak menyakitkan, silakan saja. But I’d prefer Haji Na’im.

66 comments
  1. zidni said:

    Foto dong fer,
    ada snapshotnya dong :D

  2. @zidni: maxud lo zid? gue fot pake tangan gue yang lagi dislokasi gitu? bagoos zid, bagoooooosssss….

    • fancan said:

      adik saya 5 hari yg lalu jatuh dari motor krn kena tabrak lari dan seketika itu juga langsung kita bawa ke hj.naim dan langsung diurut..kata pak haji yg ngurut blg “ini bs sembuh kok” padahal kaki sebelah kanan agak luka berat..ada 3 titik yg retak..tapi Puji Tuhan ini yg kedua kalinya dipjit dan adik saya sdh mulai berasa agak enakan …tapi memang harus kembali lagi untuk diurut..pokonya memang haji naim bagus sekali karena selain biaya pengobatan terjangkau dan banyak org yg sembuh.. pkonya two thumbs up lah

  3. devi said:

    hai,..

    waktu kelas 4 sd,gw ngalamin kecelakaan,sendi kaki gw retak tergilas mobil.saat itu gw langsung dibawa ke haji na’im.pengobatan pertama,bener2 menyeramkan ( bayangin aja masih dlm masa shock setalah kejadian perkara! ) & sakit yg gak kira2..setelah itu gw diperban.dan dianjurkan untuk datang seminggu sekali selama sebulan.Belum sampai sebulan masa pengobatan,sendi kaki gw sembuh.di rontgen pun gak ada setitik retak.hebat.sejak saat itu kita sekeluarga selalu kesana untuk pengobatan segala macem, dari terkilir sampe cuman flu biasa..

  4. fenny said:

    Hai, hari minggu lalu, saya juga berkunjung ke Haji Na’im, udah seminggu kaki bengkak karena keselo, walhasil (bener yang dibilangin) di Haji Na’im nunggunya lebih menegangkan daripada diurutnya yang nggak nyampe 5 menit. Sekarang kaki saya masih proses penyembuhan yang dibalut perban, katanya sih 4 (empat) hari lagi… which is Kamis, bisa dibuka sendiri, mudah-mudahan ya kaki saya kembali seperti sedia kala

  5. @Fenny: Hmm..iya mudah-mudahan kakinya cepet sembuh ya mbak Fenny.

  6. aldhino said:

    kan ada tuh jl. haji naim..seberangnya ITC fatmawati.

    • itu Jl. Haji Nawi kali. tapi lokasi praktek-nya sendiri di Jl. MPR berapa gitu…

  7. rico said:

    Hai,

    bole tanya haji naim itu kalo musti rawat inap, biayanya berapa yah temanz? Thanks

    • @rico: wah kalo rawat inap gue ngga tau pasti berapa harganya bro.

  8. reagie said:

    Wah bos ane juga lagi masa2 pengobatan di Babe Haji, tangan ane engselnya lepas & tulangnya agak remuk. Sengaja ga ngambil tindakan medis karena pengalaman temen ane sekitar 4 tahun yang lalu mengalami hal yang sama kaya ane dan alhamdulillah udah normal lagi tangannya sekarang ini.

    Asli sakitnya emang ga kira-kira bos, itu di urut pelan aja tapi kita bisa teriak2 kenceng udah kaya orang di urut kenceng. hehehehe…

    Ane berharap semoga cepet sembuh (^_^)

    • Ferdy F. Rahman said:

      reagie: wah senasib lah kalo gitu. hati2 lain kali bro, jaga anggota tubuh :)

  9. tuty said:

    Mau tanya dong mas Ferdy, kedua tgn sy lg skt, gara2 abis lebaran motongin ranting2 pohon. Alhasil skt di sktr pegelangan tgn & ada otot2 keluar. Slm ini terapi dgn tenaga prana di Buncit. Ktnya sih bisa sembuh, tp lama. Bisa ga ya kalo sy ke H. Na’im? Agak ngeri jg sih kalo pengobatannya skt gitu. Tp klo bisa sembuh lbh cpt sih, pengen jg nyoba.

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo tuty,

      sembuh atau engga saya ga bisa memastikan. yang jelas bapak2 tukang urut di sana sudah biasa banget handle kasus seperti yang tuty deskripsikan, malah banyak yang lebih parah kasusnya pun mereka tangani. cuma mesti siap mental untuk nahan rasa sakit, melihat orang diurut meringis kesakitan, dan juga sabar ngantri.

  10. zipy said:

    mas boleh tanya gak?.waktu kejadian dislokasi tulang,mas langsung bawa ke haji naim atau udah beberapa hari kemudian baru dibawa kesana?

    • Ferdy F. Rahman said:

      langsung bawa mas. saran saya langsung segera dibawa untuk disembuhkan karena kalo menunggu beberapa jam, tulang/otot akan mengeras dan lebih susah untuk relokasi otot2/tulang/sendi-nya.

  11. rio said:

    om skalian, saya mo tanya donk, tmn saya kecelakaan dan pth tulang di berbagai titik, yg prahnya itu kata dokter hrs segera diamputasi karena pendarahannya ga berhenti2… pertanyaannya apa haji na`im bisa mengobati kasus yang seperti ini?mohon info dan bantuannya bagi yg tahu, saya sdh mencari info kesana-kesini supaya teman saya tidak sampai diamputasi tapi blm dapet pencerahan, urgent! terima kasih..

  12. Ferdy F. Rahman said:

    halo mas rio,
    wah terus terang saya ga bisa mastiin di Haji Na’im bisa disembuhin apa engga. kalo ada pendarahan dan ga berhenti, kemungkinan kena arteri. saya suggest ikut saran dokter, atau minta second opinion sama dokter yang berbeda. saya ga yakin haji na’im pun bisa mengatasi masalah seperti ini.

  13. aulia said:

    boleh juga ditanyakan dulu ke haji naimnya sekalian ama rontgen nya barangkali ada solusi terbaik..

  14. Rahmad said:

    Buat agan rio, tmnnya jgn diamputasi dulu, kasian..
    Ttgga sya tangannya pth tlg trbuka n udh dijhit ama dkter,, tp di haji naim jahitannya tuh dbka n tulangnya dibenerin, skrg udh sehat walafiat..
    Dkter emg sk ambl jalan pintas gt..
    Gmn kbr tmnnya gan skrg

  15. omenz said:

    Patah tulang gw udah 2 kali… sebelum kenal Haji Naim gw ke sukabumi (cimande)
    dulu jari telunjuk gw patah remuk gepeng di vonis dokter 95% bakalan busuk karena aliran darah dan ototnya pun udah ga jalan dan harus diamputasi.
    untungnya keluarga gw ga setuju dan di pilihlah jalan alternativ ke sukabumi.
    Disana jari gw di bejegk2…kaya perkedel tapi hasilnya sangat luar biasa.
    cuma 4x urut gw udah sembuh. 3 bulan jari gw dah bisa di gerakin walau tampilannya sedikit aneh…1 tahun udah normal bisa di fungsiin sedia kala.

    kecelakaan berikutnya gw jatoh dari motor… dengkul gw dislokasi sama sekali ga bisa di tekuk, nah yg gw tau gw harus ke sukabumi buat benerin. kebetulan ada satpam bilang ke gw di suruh ke haji na,im aja yg di blakang citoz kejauhan kalo ke sukabumi. brangkat deh ke haji na’im pas sampe sana ngantrinya udah kaya antri minyak hahaha tapi gpp lah demi kesembuhan. nah gw liat dan cium bau minyak yg dipake urut di haji na’im itu sama yg di pake di sukabumi. percaya lah batin gw kalo di haji na’im pasti juga bisa sembuhin gw. alhasil cuma sekali urut bengkak gw ilang dan ga berasa sakit lg. sekarang hari ke 5 dan gw mau urut yg ke 2 kalinya. semoga udah bisa buka perban dan bisa di tekuk. amin
    (info : Biaya urut = seikhlasnya tapi sewajarnya juga lah, Biaya perban = Rp.60k, padahal dulu kata temen gw biaya perban cuma 30k T_T )

  16. becks said:

    Buat agan2,klo boleh tanya nih.setau ane,dsekitar haji na’im katanya ada anaknya jg tp yg cewek.dia biasanya ngurut pasien cewek.klo ga salah namanya haji nazroh.Mungkin ada yg bs ngasih masukan tentang alamat haji nazroh…thx a lot

  17. Fadhli said:

    sebulan yg lalu , gw ngalamin kecelakaan motor…
    gak usah diceritain lah ya, kenapanya…

    tadinya sih nih tangan cuma dislokasi…
    dbawa kerumah skit gatot subroto, kebanyakan tetek bengek nya, akhirnya seinget gw ad tkg patah tulang di daerah cikini situ…
    gw udah blng sm dia. saya gak tau ini patah atau dislokasi, tolong di cek pak..
    di urut2 lah tuh tgn gw..
    supah itu sakit banget… tiba2.. “pletak” *ceritanya suara ptah.. bunyi tuh pundak tangan gw (blm gw sebutin ya yg dislokasi apaan? hahaha) jadi ternyata tulang klavikula gw patah…
    seminggu gw di perban sederhana dengan kain.. trs gw kedokter krn penasaran utk ronsen.. dokter blng emng disarankan utk di operasi pasang pen. tapi ap daya dana nya tidak memungkinkan..
    dokternya sih bilang, tulangnya gpp.. bisa sembuh gak parah..
    cm emng hasil klo tanpa operasi gak sebagus sm d operasi..

    akhirnya gw pun nyari2 pengobatan alternatif..
    (yg dcikni udah stop..masa balik ksana cuma di pegang doang trs di perban lagi bayar 50rb.. gak dkasih obat gak dkasih ap2).. gw dbawa ke daerah tipas cakung.. (tipas ap tipar ya?) dsana gw ternyata dpatokin harga nya gila2an.. tp djanjiin sembuh 1 minggu..

    krn mahal, gw akhirnya memutuskan ke haji naim..
    alhamdulillah slama pengobatan di haji naim, tangan ini udah bisa digerakin lagi.. cm ya masih ngilu2 dan emng bener bentuk tangan udah beda..hiks hiks…

    ya Insyaallah isa kembali sedia kala.. mungkin gak 100 persen, tp ya setidaknya minimal 90% lah.. amiiinn…

    mohon doanya ya…

  18. alif said:

    bos, numpang nanya
    kalo urat kejepit ke haji naim bisa juga gak ya?
    apa di sono cuman bisa nanganin patah tulang?

  19. Maya said:

    Ass wr,wb . Sy maya ,, kecelakaan motor setahun yg lalu ,sehingga tak bs bergerak tangan kanan sy . Menurut kt dokter hrs di pen ttp sy gak mau dipen ,, biaya’y tak cukup untuk di pen. Sy mengalami lepas di bahu ,, dan pergelangan tangan sy lepas .. Ada gak yg bs mengobatin’y ??
    Wss wb,wb

    Maya

  20. okky said:

    hallo mas ferdy

    kira2 nomor tlpnya brp ya H. na’im. soalnya saya mw bawa karyawan saya yg patah kedua kakinya kena ponton palka, trus klo dari pancoran arahnya kmn ya?

    terima kasih sebelumnya

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Okky,

      Wah maaf saya ga nyimpan nomor H. Na’im. Mungkin bisa lewat email aja ya soalnya agak susah jelasin kalo dari arah Pancoran.

  21. mas, otot2 dibetis aku kayanya gak bener neh, kemarin bangun tidur waktu ngulet ke tarik ototnya, sakit, skrng kalau di bawa sholat pas mau sujud kerasa deh sakitnya, pengen dibetulin, kalau tau no telpnya pak HJ Naim boleh dong dibantu

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Nadine,

      Maaf, saya ga punya nomor kontak mereka. Bisa dicoba langsung datang saja lebih baik.

  22. nas said:

    kalau di H. Naim ada tukang pijat khusus untuk perempuan nggak ya? biarpun maksudnya pengobatan tapi kan rada risih juga kalau di pijat bukan sama muhrimnya, apalagi kalau sakitnya di daerah pinggang atau paha…

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi nas,

      Saya kurang tau pasti. Tapi pada saat saya ke sana memang ada tukang urut/pijat yg wanita.

  23. nurani said:

    urgent…om..boleh penjelasannya..ini ada adik gw yg kejadian bulan april,lengannya mengsol dan kaki nya patah..stellah kejadian lgs bw ke tempt alternatif,dn disana sudah hmapir 1,5bulan..ehhh ,alah tangannya yg mengsol malah tidak ad perubahan.tp di kaki yg patah mmg ud mulai sembuh.kl skrg ke tempat h.naim buat pengobatan tanagn nya msh bisa gk ya…thanks infonya

    • Ferdy Ferdian said:

      halo nurani, untuk sekarang si kurang tau ya bagaimana kualitas-nya. tapi waktu dulu kejadian saya sktr thn 2007-2008 masih okay kok, masih bisa untuk patah/dislokasi pada tangan.

  24. ichand said:

    klo di haji naim bisa nyembuhin baal/mati rasa ga ya??soalnya adik saya mengalami mati rasa stlh kecelakaan,dan tulang belakangnya patah

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Ichand,

      Saya kurang tau ya untuk mati rasa. Menurut saya itu berhubungan dengan syaraf dan saya rasa Haji Naim bukan spesialis di bidang itu. Lebih baik konsultasi ke dokter.

  25. tulang telapak kaki kanan sy retak..setelah digips oleh dokter jln sy malah tdk enak…apakah haji naim bs menyembuhkan kaki saya..thx

    • Ferdy Ferdian said:

      yang pernah saya dengar, mereka bisa membantu menyembuhkan patah tulang dan dislokasi. kalau retak saya kurang tau.

  26. rezy said:

    klo di H Naim jam prakteknya sampe malam ga?

    • Ferdy Ferdian said:

      Iya, sampai malam. Waktu itu saya datang ke sana sekitar pukul 8 atau 9 malam.

  27. aulia said:

    sya pernah jatuh dari motor, coba diurut sama tukang urut masih sakit, nggk sabar malem nya langsung ke ahli patah tulang cimande di jlan raya sukabumi, tapi hanya diterapi doa dulu, karena lokasi jauh, nggk sabar ada yang ngasih tau ke haji Naim besoknya langsung bablas ke haji Naim. pertama datang lokasi terlihat ramai karena banyak pasiennya. setelah sejam menunggu, dipanggil oleh stafnya haji Naim, nggk sampe 5 menit dideteksi ada pergeseran engsel bahu sehingga harus dilakukan “putaran” manual.. untuk mendudukkan kembali engsel bahu yang salah. Disaksikan oleh banyak pasien awalnya disuruh buka baju dlu, terus diangkat bahunya dan tiba2 diputar…waduh sakitnya….tidak karuan lagi, air mata langsung netes, …yach itulah perjuangan untuk pengobatan, dan sekitar kurang dari 10 menit selesai kemudian olesin minyak khas haji Naim kemudian diperban dan disuruh balik tiap minggu sampai kira2 5 kali balik. Hasilnya berangsur2 minggu ke-2 sudah mulai bisa ngangkat bahu walaupun masih agak sakit, dan setelah itu bulan pertama sudah sembuh dan hasil ronsen ada sedikit retakan, namun posisi bahu sudah membaik tinggal banyak-banyak makan kalsium aja. yach sekilas berbagi cerita buat yang mengalami masalah patah tulang dsb.

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Aulia,

      Thanks for sharing.

  28. hadi said:

    Kalo kejadiannya udah 3tahun kira2 bisa gak yah ?

    • Ferdy Ferdian said:

      Kalo kata dokter spesialis, akan sering dislokasi lagi kalau ngga dioperasi.

      • hadi said:

        Kalo dibawa dulu ke haji naim kira2 bisa gk yah mas.

      • Ferdy Ferdian said:

        Saya kurang tau pasti mas. Tp menurut saya akan susah kalo udh bertahun2 seperti itu.

      • hadi said:

        Hmm. .kalo kita bicarain sama mereka bisa gak yah. .bilang kalo emang gak bisa jangan dipaksa. .masalahnya aku udah putus asa mau dibawa kemana lagi mas

  29. hadi said:

    Hmm saya cobaa dulu deh ke haji naim. .kalo dteng gk lgsung diurut kan. ? Bisa konsultasi dulu kan. .kalo dya gk sanggup nanganin pasti dya bilang kan ke customer mas

    • Ferdy Ferdian said:

      Iya dulu si gitu ya. Tp liat situasi takutnya ngga bisa tapi dipaksain ama mereka.

  30. marudut said:

    tgl 27/11/2012 tangan kiri dislokasi akibat jatuh dari motor mio n tangan kiri kelindas mtr diblkgnya di daerah pasar jumat. Bingung mau dibawa kemana rumah sakit atau dukun patah. Ada org yg nyebutin pak H.Naim dan sebelumnya gw ga pernah denger. Karena pengalaman pertama dan gw berharap terakhir kali. Syukurnya ada orang yg baik hati sebut aja mas X, nganter ke H. Naim. Sesampainya di sana smp sekitar jam 9. mestinya gw ngantri, tp krn org2 disn ga terlalu byk n yg parah gw. Gw dipersilahkan terlebih dahulu. Tgn gw dipijit n diksh minyak n terus diangkat2 smp gw nahan rs sktnya. Hampir 3 org blm bs nyambungin. Krn gw nahan smbl gigit baju. Terakhir puji Tuhan sm bpk haji yg pake kcmt item berhasil nyambungin tlg yg dislokasi. Saran dari gw klo diurut dilemesin aja bgn yg mau diurut terus klo ga bs nahan skt mnm obat anti nyeri dl sebelum diurut. Proses 5-10 menit. Biaya terjangkau. Gw dah ke2 kalinya sm hari ini. Smg Pak H. Naim bs terus bantu byk org. Sukses

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi,

      Terima kasih udh share pengalamannya.

  31. adjie tirta said:

    Waduh iseng-iseng search haji naim ketemu blog gw mw share nih sedikit, gw patah tulang paha kanan dan pas di ronsen ada 2 serpihan tulang yg hancur nempel di daging, trus gw dibawa ke haji naim sama sodara gw pas disana gw di urut sakit bukan kepalang kaya di gerbang pintu neraka, singkat crita skrg udh 2 bln gw nglamin patah tulang, 1 bln pertama gw nginep disana (tadi gw liat ada coment di haji naim nginep bayar brp? Di haji naim nginep bayar 100rb 2 kali makan dan yg nunggu pasien bisa ikut nginep tp tiduran dibawah saran gw bawa tiker) gw udh apal bgt haji naim seluk beluk dalem rumahnya karna gw akrabin orng sana dari tukang masaknya ampe anaknya hajah nazroh (oh iya td ada yg nanya tmpt urut khusus prempuan dimana? Tmptnya tuh di sebelah haji naim pas tanya aja pada tau kok disitu di tanganin ama hajah nazroh ibunya pak hasan yg biasa ngurut gw oh iya dia blm haji msh muda tp konyol haha dan disana ada tmpt nginep jg tp gatau bayar brp) oh iya mentang” bayarnya se-ikhlasnya tolong bayar pake otak ya soalnya disana tuh mujarab bgt masa demi kesembuhan mw ngamplopin 20rb? Parah bgt dan pertama kesana tuh harus beli perban harganya 60rb ituu blm sama biaya mijit jd klo pertama mijit klo msh tau trimakasih ngasih min 100rb, dan kmren gw abis cek up disana katanya tulang gw udh cukup kuat buat nekuk dengkul dan pas gw rotgen secara mengejutkan pecahan tulang gw yg nempel am daging gk ada? Yg ada kliatan cuma tulang yg lurus yg msh ada garis patahan yg tinggal nungggu kalsium nempel dan jd tulang sempurna lg,, sekian saran gw dan share pengalaman gw bagi orng yg msh ada pertanyaan bisa invite pin gw 256c5c56 gw bakalan crita dan bagi solusi buat kalian yg menderita patah tulang kaya gw :)

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Adjie Tirta,

      Terima kasih udh sharing. Cukup banyak ngejawab pertanyaan2 dari comment sebelumnya.

  32. WONDERFUL Post.thanks for share..more wait .. %8

  33. bambang said:

    Kalo dah satu bulan, dislokasi daerah lutut masih bisa disembuhkan gak? soalnya dah berobat ke tkg urut lain tetap aj! di rontgen juga katanya posisi tulang normal semua normal. tapi jelas-jelas posisi lutut dah beda antara kanan dan kiri. sejak kejadian jatuh itu, sekarang ane pensiun dari badminton. pdhl hobi bgt. ni sampe stress mikirinnya

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Bambang,

      Sepertinya masih bisa ya, tapi mungkin agak sulit krn di posisi yang sekarang tulang dan sendi-nya udh menyesuaikan ama posisi yang baru. Mungkin di sana akan di coba dikembalikan tapi bertahap. Saya kurang tahu pasti tentang hal ini. Jadi mending coba dikasih liat ke mereka dulu. Good luck.

  34. lolyna said:

    Hai all…,

    Mau tanya, saya kmrn itu jatuh duduk di rumah, trus smpe skrg sakit kalo naik tangga atau kalau mau duduk, kalau mau naik atau mau turun posisi badan, pokoknya psti sakit. Kata orang uratnya ada yg kejepit, Kalo di Hj Naim bisa ngobatin ga yah? trus skrg biayanya brp yah? btw dsna klo tkg urut ceweknya ke alamat yg mana yah? mksh

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo,

      Kalo masalah bisa ngobatin apa engga, sepertinya harus langsung ditanyakan di sana termasuk biayanya. Atau mungkin teman2 yg lain bisa bantu informasi-nya? Kalo untuk tukang urut cewek, dulu sekitar tahun 2008-an sih pernah liat tempat urut terpisah untuk wanita. Karena saya sudah ngga di Indo lagi, jadi ga begitu mengikutin update-nya.

      Semoga membantu dan good luck ya.

    • Widakhadi said:

      Kmrn gw urut ke hj naim tp yg sama cewenya gara2 salah tidur lehernya tengeng. Itu letaknya agak di dlm gang, klo masuk jgn lupa daftar dama byr Rp5,000 utk pendaftran. Ngantrinya lama ajaa 3 jam kayanya krn pas wiken jd rame benerr, pdhl jam 8.30 pagi udh nangkring disana. Kmrn dptnya diurut sama bu haji yg tua nya (ada 2 tukang urut perempuan). Udh diurutnya sakit plus kuku bu hajinya panjang2, alhasil sakit dobel plus punggung garet2 kena kukunya itu. Sakit di tengkuknya mendingan tp msh ada spot yg nyeri dan bahu klo digerak2in suka bunyi klek klek :( Oiya klo di tempt bu hajinya pas ngasih uang pengurutan gak boleh pake amplop atau kertas (mungkin ada pasien yg pernah nakal ngasih amplop kosong kali ya?)

      • Ferdy Ferdian said:

        Widakhadi, thanks udh sharing bro. Kalau weekend emang rame, banget. Menurut saya si kalo ga parah2 banget ya jangan ke situ juga sih. Effort nunggu sama hasil-nya mungkin ga imbang. Tahun 2006/2007 saya ke sana masih banyak yang masukin pake amplop, termasuk saya.

  35. lies said:

    anak saya umur 5thn 9bln pernah jatuh tulang tangannya mengsol udah diurut sama dukun tabok tapi g ada perubahan skrang udah hampir 1thn 3bln mengsolnya bisa g ya diobatin trus normal lg tulangnya?maksih

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Lies,

      Saya kurang tahu ya, mungkin bisa coba datang langsung ke sana untuk berkonsultasi.

  36. dian said:

    mo nanya dunks u/ no telpny haji naim ad yg tau ga y, trus klo ksna bgsny jam brp y soalny kan antri, tulang selangkangan saya bergerser krn ketabrak mobil waktu dibonceng, u/ ce berobatnya ke hj nasroh y (alamat jelasny dmn) thanks before.

  37. Mau tanya juga dong, beberapa hari yang lalu adik saya kecelakaan dan patah tulang belakang, dan alhmdulillah tidak kena saraf. dan sekarang sedang di rawat di RS, berencana mau coba ke Hj Naim, Kira” bisa gak ya dsn nanganin patah tulang belakang. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 995 other followers