SOHC vs DOHC

Jika Anda pernah membaca iklan mobil atau motor, mungkin Anda akan mengenal istilah DOHC. Ketika Anda mencari tahu apa itu DOHC, paling tidak Anda akan mendapatkan kepanjangan dari abbreviation tersebut yaitu Double OverHead Camshaft. Jika Anda melanjutkan untuk berfikir ada OverHead Camshaft yang Double, mungkin juga ada yang Single atau bahkan Triple. Pada jurnal kali ini saya mencoba mejabarkan sedikit mengenai teknologi camshaft yang ada pada mesin mobil atau motor populer, yaitu DOHC dan SOHC. Gambar di atas akan lebih memperjelas deskripsi yang saya berikan.

Perkenalan
DOHC, suatu istilah yang sering kita dengar. Istilah ini selain ditemukan pada bagian spesifikasi mobil, bisa juga dilihat pada stiker di badan mobil bahkan juga terpampang pada cover mesin Anda. DOHC singkatan dari Double OverHead Camshaft. Jika diterjemahkan secara bebas, artinya adalah camshaft yang memiliki overhead double. Camshaft adalah shaft (palang, setang atau ceruk) dimana cam (bubungan) menempel. Jika diartikan secara keseluruhan, DOHC adalah setang dimana terdapat dua pasang bubungan yang menempel untuk setiap silinder mesin. Dari definisi bebas DOHC tadi, bisa kita ambil asumsi bahwa SOHC adalah setang dimana terdapat satu pasang bubungan yang menempel untuk masing-masing silinder mesin. Perhatikan gambar di atas, gambar tersebut adalah konfigurasi SOHC dan camshaft ditandai oleh kotak-kotak berwarna merah. Jadi jika mesin Anda 4 silinder DOHC, maka akan terdapat 16 overhead camshaft. Jika mesin Anda 4 silinder SOHC, maka hanya akan terdapat 8 overhead camshaft. Demikian seterusnya, jika mesin Anda memiliki 6 silinder (e.g. Mitsubishi Galant V6 24), maka akan terdapat 24 camshaft.

Fungsi Overhead Camshaft
Pada mesin mobil, overhead camshaft menempel pada setang valve (katup). Perhatikan gambar di atas, valve ditunjukkan oleh lingkaran elips berwarna biru. Pada gambar konfigurasi mesin SOHC di atas, terdapat 8 valve yang digerakkan oleh 8 overhead. Pergerakan valve membuka dan menutup yang digerakkan oleh overhead camshaft berfungsi untuk proses intake udara dan bahan bakar untuk pembakaran dalam silinder dan untuk proses exhaust yang membuang udara hasil pembakaran yang berujung ke muffler/knalpot mobil Anda.

SOHC vs DOHC
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, DOHC dan SOHC dibedakan berdasarkan jumlah pasang overhead camshaft pada tiap silinder. Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan DOHC dan SOHC, perlu diketahui terlebih dahulu konsep internal combustion engine atau mesin yang memiliki karakter terjadinya pembakaran di dalam mesin itu sendiri, dalam hal ini terjadi di silinder. Konsepnya adalah, makin banyak bahan bakar dan udara yang masuk untuk di bakar, semakin besar power yang dihasilkan mesin. Sebaliknya, semakin sedikit bahan bakar dan udara yang dibakar, semakin kecil power yang dihasilkan. Dalam hal ini, DOHC yang memiliki jumlah dua pasang overhead camshaft tiap silinder (sepasang lebih banyak daripada SOHC), memiliki kemampuan memasukkan bahan bakar dan udara lebih banyak daripada SOHC, artinya mesin DOHC menghasilkan power yang lebih besar dari mesin SOHC. Sebagai konsekuensinya, mesin DOHC akan lebih boros karena asupan bahan bakar lebih banyak daripada mesin SOHC. Jadi dapat dikatakan dengan suatu istilah, “DOHC means power, SOHC means economic”. Biasanya mesin DOHC lebih mahal harganya karena membutuhkan jumlah part yang lebih banyak daripada SOHC yaitu lebih banyak overhead camshaft dan lebih banyak valve. Selain itu, jumlah overhead camshaft yang lebih banyak membutuhkan power yang lebih banyak juga untuk menggerakkannya. Hal ini akan mengurangi power yang dihasilkan dari mesin itu sendiri walaupun tidak terlalu banyak. Jadi power yang dihasilkan oleh mesin akan terpakai sedikit untuk menggerakkan part yang lebih banyak pada mesin DOHC walaupun tidak signifikan.

Trend
Untuk menutupi masing-masing kekurangan pada karakter mesin DOHC dan SOHC, banyak variasi yang dilakukan. Untuk menutupi kekurangan mesin DOHC yaitu boros bahan bakar, diciptakan teknologi variable-valve timing (VTEC pada mesin Honda, VVT pada mesin Toyota). Konsep ini bekerja dengan cara medeteksi tingkat kecepatan yang diminta oleh pengemudi. Artinya, jika pengemudi hanya berjalan dengan kecepatan rendah (RPM rendah), maka overhead camshaft dan valve akan bekerja lebih pelan untuk menghemat bahan bakar yang dimasukan ke silinder. Sebaliknya, jika pengemudi meminta kecepatan tinggi (RPM tinggi), maka overhead camshaft dan valve akan membuka dan menutup lebih cepat untuk memasukkan bahan bakar dan udara lebih banyak ke silinder agar mesin menghasilkan power lebih besar.
Trend lainnya adalah dengan menggunakan camshaft racing atau camshaft sport. Camshaft ini bekerja dengan membuka dan menutup valve lebih baik yaitu dengan tidak membiarkan ada gap/celah waktu yang ada antara membuka dan menutupnya valve. Hasilnya adalah mesin lebih responsif dan bertenaga secara continuous/terus-menerus karena proses pembakaran berjalan lebih cepat dan terus menerus pula. Camshaft sport biasanya ditandai dengan konfigurasi struktur fisik camshaft overhead-nya yang berbeda dari overhead camshaft mesin standar dan juga terbuat dari bahan yang lebih ringan tapi kuat supaya tenaga yang dibutuhkan untuk memutar overhead tidak diambil terlalu banyak dari power yang dihasilkan mesin.
Teknologi mesin yang ada saat ini hanya DOHC dan SOHC. Saya belum pernah mendengar adanya overhead camshaft yang triple. Hal ini mungkin dikarenakan para engine designer memikirkan kebutuhan power yang ada saat ini cukup dipenuhi dengan teknologi DOHC saja. Selain itu juga mungkin karena kompleksitas implementasi dan desain juga meningkat.
Saat ini sepeda motor di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan teknologi DOHC untuk meningkatkan power. Karena mesin sepeda motor hanya memiliki satu silinder, maka mesin sepeda motor DOHC akan memiliki 4 valve. Salah satu contoh sepeda motor di Indonesia yang memiliki teknologi DOHC adalah Suzuki Satria FU 150.

Gambar di bawah adalah potongan membujur dari mesin DOHC.


82 comments
  1. wongslam said:

    coool fer… jadi sedikit ngerti soal mobil ;)

  2. @wongslam: thank you slam. kalo mo nanya-nanya boleh kok ga bayar :D

  3. Tambah mantep aje gile…
    Mazda gua digantiin dong camshaft-nya….

  4. @nindja samsoenk: hahaha…siapin dana sini gue kerjain mobil lo :D

  5. Ahhhh said:

    Bukannya gambar yg terakhir itu DOHC?:)

    • sandy said:

      fu smakin di dpan…hahahaha

      • Ferdy F. Rahman said:

        Satria FU150? Indeed. Salah satu motor dengan teknologi oke saat ini.

  6. Anton Hudijana said:

    salam kenal mas ferdy, saya bergerak dibidang otomotif , dan baru belajar fotografi, saya pikir bisa saling tukar pengalaman, sepertinya mas ferdy pakar di dunia fotografi & otomotif, kalau saya punya pengalaman bbrp thn di otomotif.

    • halo mas anton.
      saya juga baru belajar otomotif kok.
      tentu saja kita bisa share dan sama2 belajar masalah mobil.
      silakan kontak saya kapan saja lewat email ya. thx.

  7. Anton Hudijana said:

    “Ahhhh said
    January 19, 2009 at 12:15 am

    Bukannya gambar yg terakhir itu DOHC?”

    gambar itu memang DOHC lho mas ferdy, mungkin salah ambil gambar ya.

    • hehehe betul mas. saya yang salah masukin.

  8. reza said:

    mas kalo caranya porting head gmn???

    • porting head itu konsep-nya adalah melicinkan permukaan head supaya aliran udara jadi lebih lancar. pekerjaan melicinkan ini sebenarnya cukup tricky. kesalahan dalam melicinkan, seperti terlalu banyak melicinkan permukaan head hingga terlalu banyak juga tidak baik.

      pekerjaan porting head baiknya dilakukan di bengkel dengan peralatan yang lengkap. Anda bisa coba ke bengkel saya saat ini dengan alamat berikut.

      One Second Faster
      William Kurniawan
      Head Technician
      Jl. Lapangan Bola No. 3B Kebun Jeruk
      Jakarta Barat 11530
      Ph. (021) 5321345

      • eric said:

        Berapa biaya porting polesh buat galan v6 lele 2000cc?

  9. PaSteL said:

    bagus om infonya :D

  10. PaSteL said:

    ehehe
    maenanya ini toh, pantes gk maen fb
    :p

    kaburrrrrr
    heheh

      • day said:

        bukannya emang biasanya ga kerja??
        santai terusssss..
        baru minggu ini aja guw liat lo pusing..
        wkwkwkwkwkwk..

      • 3 floors down. 12 to go…
        wkwkwkwkwkwkw

  11. day said:

    misi om..numpang baca2 ya dimari..:D

    • ya nanti bijimu kita baca sekalian yaaaaaa
      :p:p:p

      • day said:

        caranya gmn???
        tolong ajarin saia ttg sohc n dohc donk kk ferdy..
        skalian jg dijelasin ttg vtec n non vtec..
        trus klo mbl maw sampe 200 whp NA enaknya diapain ya??
        makasi ya sbelumnya..

      • biji lo gue ajarin sini ntar…
        wkwkwkwkwkwk :D

  12. wawan said:

    saya ingin tau tentangseluk beluk dohc&sohc
    Dan tolong ajarin.

    • @wawan: kita bisa sharing seluk beluk SOHC & DOHC via e-mail aja bro biar lebih jelas :)

  13. anfadil said:

    ok jg bro…. kpn2 lbh by lg up load ttg otomotif.

  14. sisprod said:

    Om ferdi saya mau nanya, apakah sistem SOHC hanya memiliki 2 valve per silindernya?

    lalu gambar yang paling atas itu DOHC?(kan ada 2 camshaft)

    Trims

    • Ferdy F. Rahman said:

      @sisprod: betul mas, memang sudah dikoreksi oleh temen saya mengenai gambar itu. dan sudah saya perbaiki :)

  15. mass, saya muu tnya .
    patah klep gra” CDI racing qand sering , gmna cara biar kga terjadii lagii ?
    (mohon penjelasan’y mas)

    • Ferdy F. Rahman said:

      hmm..ini maksudnya CDI Racing yang sering dipakai untuk roda dua ya? hmm..saya kurang begitu mengerti. logic-nya, patah klep bisa terjadi karena piston mengenai klep, atau per klepnya sudah tidak bisa bekerja maksimal sehingga klep menghantam piston, atau bisa juga karena kompresi kegedean?

  16. hary said:

    hebat, bagus tulisaanya..
    mo tanya nieh…
    klo motor RX king 2004 saya non standar/ spuyer bahan bakarnya lebih besar, blok mesin bocor, rembes… kenapa, ya?

    • Ferdy F. Rahman said:

      @hary: wah, untuk motor saya kurang begitu paham, tapi mungkin pada dasarnya sama ya, karena mesin berpiston juga. boleh diterangkan dulu mas yang sudah diubah apa aja? oversize piston? bore silinder? dll.

      • pangeran andry said:

        mas ferdy banyak gak taunya…beritanya mas di paste dari blognya orang yah ??

  17. suryana said:

    terimakasih sob….bikin gue ngerti nih tadinya gue kira DOHC yang ada di blok mesin itu nama orang yang buatnya….wakakakkkkkkk.

    • Ferdy F. Rahman said:

      @suryana: yup, no worries :)

  18. toenk said:

    nanya om.napa c katup in mesti lbh bsr dari katup ex?trims

    • Ferdy F. Rahman said:

      karena air pressure hasil combustion yang mesti dikeluarkan ratio-nya lebih besar/banyak dibandingkan kebutuhan udara intake untuk combustion.

  19. Rudolf.Kaizer said:

    Kalo prinsip kerja adjuster itu ringkasnya gimana bro?
    Kelebihan sama kekurangan dibanding mobil yang ga pake adjuster apa?

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo mas Rudol Kaizer,

      Maksud-nya adjuster ini adjuster apa ya? adjuster pada cam gear?

  20. ryan pradipta said:

    mw tanya mas…klo motor supra x 125 d ubah menjadi DOHC bisa gk..trus ntar pengaruhny ke mesin ny ap ajj…selain itu buat nyeimbanginny yang harus d ganti apa ajj..mohon penjelasanny mas..thanks..

    • Ferdy F. Rahman said:

      halo ryan,

      prinsipnya si semua bisa dilakukan, kalo mau ubah DOHC, mungkin mesti ubah blok bawahnya juga. saya kurang tau kalo untuk mesin motor.

  21. aprykalottong said:

    gini bang ferdy…gue mw nanya nich,..kebetulan gue mw beli mobil mitsubishi eterna,..bagusan mana yg sohc atw dohc…lebih laju yg mana soal tarikannya mesinnya…thanks mohon d reply ya…

    • Ferdy F. Rahman said:

      Halo aprykalottong,

      I would say go for DOHC ;)

  22. joe said:

    klo g salah jupiter MX jg 4 valve, tp SOHC kn.. gmn thu??

    • Ferdy F. Rahman said:

      Hello Joe,

      kalo 4 valve SOHC, ya berarti satu camshaft pada satu silinder, di mana ada 2 intake valve dan 2 exhaust valve.

  23. Nabra said:

    Wuih mantap ulasan nya … Thanks Bro…

    • Ferdy Ferdian said:

      No problem, Nabra.

  24. ouh,,, brarti SOHC tu dua kali lipat dari DOHC , gitu ya bahasa sederhana nya mas ferdy ???

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo djrelaxs,

      Kalo dibilang dua kali lipat juga kurang tepat. Simple-nya, SOHC dan DOHC itu berbeda dari konfigurasi camshaft dan jumlah camgear-nya.

  25. thanks sob infonya, ane sedikit lebih tau tentang DOHC. Coz bingung di motor ane ada tulisan DOHC nya juga

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Anas,

      Senang bisa membantu.

  26. pangeran andry said:

    saya tidak sependapat dengan mas ferdy,satria fu mempunyai banyak kelemahan salah satunya ketika mesin sangat panas..

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Andry,

      Semua mesin jika sangat panas akan mengganggu performa, baik mesin motor maupun mobil. Panas-nya mesin has nothing to do dengan tipe camshaft, DOHC maupun SOHC. Ini tergantung pada sistem pendinginan mesin.

  27. ada yg punya chanel jual beli cop buring SOHC namun gak pake knoken as tp twin saft SOHV buat motor

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Kyuubi,

      Mengenai parts buat motor saya kurang tau tempat beli-nya di mana. Maaf tidak bisa membantu.

  28. Yudha said:

    Agak sedikit melengkapi,.. sebenarnya inti pengertian perbedaan DOHC dan SOHC bukan hanya pada jumlah pasangan cam shaft yang terdapat pada tiap silinder melainkan apakah camshaft yang menggerakan valve intake dan exhaust adalah camshaft yang sama ada berbeda.?

    jika valve intake dan valve exhaust di gerakan oleh camshaft yang sama (1 Camshaft) maka di sebut SOHC – single overhead camshaft
    namun jika yang menggerakan valve intake dan exhaust adalah 2 camshaft yang berbeda maka di sebut DOHC

    hati-hati tertipu oleh V6 atau V8 engine, dimana teman2 akan menemukan lebih dari satu camshaft karena arsitekturnya memang membutuhkan seperti itu, namun kalau yang menggerakan intake valve dan exhaust masih 1 camshaft yang sama maka masih masuk kategori single overhead camshaft (SOHC).

    pada akhirnya jika camshaft untuk menggerakan intake valve dan exhaust sudah di pisahkan (mesin DOHC) maka jumlah valve untuk intake dan exhaust dapat di tambahkan masing2 1 buah (1 camshaft = 2 cam / cylinder) sehingga untuk mesin DOHC masing2 cylinder mempunyai 4 valve (2 untuk intake dan 2 untuk exhaust).

    notes:
    1 camshaft = 2 cam / rocker arm per cylinder, and
    1 cam / rocker arm = 1 valve
    jadi jika ada 2 camshaft maka = 2 x 2 = 4 cam = 4 valve / cylinder.

    barulah disini seperti yang di sebutkan oleh mas Ferdy, yaitu untuk SOHC hanya akan di temukan 1 pasang valve (1 intake – 1 exhaust), sedangkan DOHC akan di temukan 2 pasang valve (2 intake – 2 exhaust).

    demikian sharing saya semoga berguna.

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Mas Yudha,

      Terima kasih atas penjelasannya. Saya pun jadi lebih mengerti.

  29. wah..wah..ulasan mantep…
    sejauh mana perbandingan kecepatan output sohc vs dohc…
    thank’s ^.^

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Febri,

      Ada yang bilang untuk aspek torque, SOHC lebih superior sedangkan DOHC lebih superior di horsepower. Tapi itu kebanyakan orang yg bilang. Belom ada statistik ilmiah yang membandingkan kedua mekanisme ini dalam hal kecepatan. Ditambah lagi, banyak performance parts aftermarket yg meningkatkan performa mesin baik dari aspek torque maupun horsepower, seperti camshaft Bisimoto, Skunk2, etc.

  30. Bagus said:

    Mas Ferdy salam kenal neh…

    saya cuma mau tanya, kan EG nya udah swap pake D 16z6, itu PnP gak mas?
    lalu dimana bisa beli itu D 16z6 dan harga nya berapa lengkap dg ECU dan wiring nya,
    Trus mobil saya EF, pengen swap pake D16z6 kira2 bisa PnP juga gak yah?

    Siapa tau mas Ferdy punya info nya…

    Makasih yah sebelum nya, ditunggu Reply nya yah he he he

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Bagus,

      Yup, setelah beli mesin nya, saya langsung porting and polish. Waktu itu saya beli sekitar tahun 2008, D16Z16 blok atas bawah sekitar 4.7 juta. ECU kalo ga salah inget sekitar 1 jutaan.
      PNP itu proses yang dilakukan terhadap ruang intake udara pada mesin, jadi tidak tergantung jenis mobil nya apa. Yang perlu Bagus selidiki adalah, apakah mesin D16Z6 bisa masuk ke EF. Mengenai ini saya kurang ingat apakah D16Z6 compatible dengan ruang mesin EF.

      • Bagus said:

        Mas Ferdy terima kasih yah udah di reply

        tapi mas saya masih kurang puas nih, jd saya mau nanya lagi, he he he

        1. Beil mesin nya dimana mas? masih punya contact person nya?
        2. Mas ferdy beli mesin nya lengkap, atau hanya short+long block dan ECU
        3.Bagaimana dg Wiring nya mas?

        Sekali lagi terima kasih yah mas, dan maaf sudah ngeganggu waktu nya

  31. Wikha said:

    kalo upgrade mesin motor jadi DOHC itu harus ganti penutup body-nya nggak ya?
    mohon penjelasannya mas Ferdy

    • Ferdy Ferdian said:

      kurang pasti. tapi logikanya DOHC itu sendiri bentuknya berbeda dengan SOHC. kemungkinan besar mesti ganti. tapi terlebih dahulu cek, apa memang bisa di-convert mesin motor dari SOHC ke DOHC.

  32. Serdadoe said:

    mantab ulasannya mas,
    mau nanya untuk opel blazer antara DOHC dan SOHC adakah perbedaan performa yang signifikan???

    • Ferdy Ferdian said:

      Halo Serdadoe,

      Untuk Opel Blazer saya ga punya data. Semua tergantung konfigurasi mesin. Tapi kalau semua parameter sama (kapasitas silinder dll.) dan yang berbeda hanya DOHC/SOHC, maka kemungkinan besar yang DOHC memiliki power yang lebih besar. Tapi menurut perkiraan saya tidak terlalu berbeda jauh.

  33. Agung said:

    Mas mau nanya nih … aku tidak ngerti mesin sama sekali … kalau menurut mas bagusan mana dangan sohc atau dangan dohc? … analisanya lengkap dengan plus minus masing2nya yah mas … soalnya aku nol sama sekali soal beginian … terima kasih mas

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Agung,
      Sudah kita bahas di message FB ya :)

  34. Pepeng said:

    Kalau mobil memang sebagian besar udah pake DOHC.. Tapi kalau motor baru Satia FU yg pake DOHC… jadi jangan heran kalau Satria FU itu larinya lebih kenceng dibanding motor2 lain… :D

    • Ferdy Ferdian said:

      yup betul sekali mas Pepeng :)

  35. oman said:

    om ferdy, mao tanya,klo AC artinya apa ya?

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Oman,

      Could be one of these: audio codec, air-cooled, acceleration, air compressor, auto club, auxiliary contact.

  36. krishna said:

    ada sedikit koreksi mas.. seharusnya kalau mesin DOHC belum tentu 4 Valve per silinder dan SOHC belum tentu cuma 2 Valeve Per Silinder.. karena teknologi SOHC bisa juga memilik 4 Valve atau 3 Valve per Silinder tergantung SHOHC nya itu menggunakan Berapa Roker Arm.. dan DOHC pada awalnya hanya memiliki 2 Valve saja.. Contoh.. Mesin MErcedes Bens 280 E Tiger memiliki konfigurasi DOHC 2 Valve Per silinder dan memiliki inline 6 silinder, Fiat dan Alfa romeo th 1960 adalah pioner mesin dengan DOHC tapi belum 4 valeve per silinder… sedangkan mesin SOHC 16 Valve / 4 silinder contohnya MAzda Interplay, Daihatsu Classy, Suzuki Esteem GT.. Pengertian DOHC dan SOHC adalah memiliki Overhead CamShaft dimana Camshaft terdapat di kepala silinder bukan didalam blok mesin di dekat kruk as seperti pada mesin mesin lawas seperti toyota kijang 4,5,7K, Chevrolet, Jeep CJ7, Cherokee dan Ford Mustang lawas

  37. krishna said:

    dan sedikit koreksi lagi.. DOHC atau SOHC tidak mempengaruhi boros bahan bakar.. tapi yang menjadi faktor boros bahan bakar adalah Jumlah Valve dan silindernya nya.. apabila mesin DOHC namun cuma 2 Valve per silinder maka tidak terlalu boros seperti yang di kira demikian juga dengan SOHC kalau cuma 2 valve persilinder tidak boros.. kalau SOHC 4 valev per silinder ya lebih boros dari 2 valve… Kok bisa ya SOHC 16 Valve (4 Valve per silinder x 4 silinder)? Bisa.. karena pada tiap silinder menggunakan 1 poros camshaft tapi memiliki roker arm atau pelatuk yang bercabang 2 di tiap lubang (intake dan Exhaust) jadi seperti jari kita membentuk huruf V untuk 2 lobe camshaft.. contoh mesin lain SOHC 12 Valve (3 katup/ valve per silinder x 4 silinder) ada di mesin mobil Hyundai Accent, Avega, Verna.. dan SOHC 16 Valve ada juga pada Mitsubishi Lancer GLXi model Evo IV dan V serta mesin Honda Accord Maestro

  38. krishna said:

    saya jelaskan sedikit lagi ya.. untuk tenaga seperti torsi dan horse power sebenarnya tidak signifikan dari DOHC atau SOHC.. tapi tenaga tersebute tergantung dari Bore x Stroke nya.. Durasi opening Camshaft dan Kapasitas mesin.. kalau Bore (diameter Piston ) lebih besar dari pada Langkah (Stroke) maka putaran mesin akan lebih tinggi dan horese power akan lebih besar pada putaran mesin diatas 6000rpm.. sedangkan kalau stroke nya lebih panjang dari pada diameter piston maka keuntungannya tenaga puntir/ torsi akan lebih baik dan akan terjadi pada putaran rendah dibawah 5000Rpm.. contohnya mesin diesel.. mesin berputaran tinggi kerugiannya lebih boros BBM dan tenaga atau torsinya kecil atau baru bisa terbentuk pada putaran tinggi.. inilah yang membuat boros karena kita harus menekan pedal gas dalam dalam… namun keuntungannya untuk mobil balap hores power akan terbentuk pada puturan tinggi maka biasanya mesin over bore lebih memiliki putaran dan kecepatan lebih tinggi dari pada mesin over stroke..

    • Ferdy Ferdian said:

      Hi Krishna,

      Terima kasih atas koreksinya. Very much appreciated.

  39. krishna said:

    pada mesin DOHC maka beban kerja Camshaft akan labih ringan karena setiap bagian intake dan Exhaust valve di layani oleh masing masing Camshaft.. sedangkan pada mesin SOHC beban Camshaft lebih besar karena harus melayani intake Valev dan Exhaust valve dalm 1 batang Camshaft.. Pada mesin DOHC biasanya komponen roker arm akan di hilangkan jadi beban gesekan nya lebih sedikit bila dibandingkan mesin SOHC yang membutuhkan roker arm.. sangkan roker arm tersebut memiliki baban gesek yang besar terhadap camshaft.. jadi cenderung pelumasan nya harus baik dan biasanya Camshaft atau roker arm (salah satunya) akan lebih cepat terkikis..

  40. krishna said:

    pada Motor: Yamaha Vixion memiliki type mesin SOHC 4 Valve dan Fule Injection System … Suzuki Satria DOHC 4 Valve non Injection…. Honda CBR 250 DOHC 4 Valve PGM Fi dan pada Kawasaki Ninja DOHC 4 Valve x 2 silinder ada yang injection dan non Injection…

  41. jakarta indonesia said:

    bro,gambar yg di atas tu,punya yamaha 650 ya?.kalau iya bisa bantuin cariin per klep,klep ,sama cap metal as klepnya.pokoknya infonya dulu deh.kalau ada hub 08127628704.bengkel phs.pekan baru.tanks berat nih.

    • Ferdy Ferdian said:

      Sure, do you want fries with that?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 995 other followers