JAX ASIA 2006

Welcome NoteDr. Sofyan A. Djalil
Welcome note dari Bapak Dr. Sofyan A. Djalil pada dasarnya menegaskan bahwa perkembangan dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) penting dilakukan. Beliau mengatakan Indonesia ke depan akan lebih serius dalam menggeluti bidang ICT. Beliau membandingkan kemajuan ICT Indonesia dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia yang lebih maju. Dari segi penetrasi internet, Indonesia tertinggal jauh. Namun saya pribadi dapat memaklumi hal ini antara lain karena wilayah Indonesia yang jauh lebih luas dari kedua negara tersebut, pembangunan infrastruktur yang memakan banyak biaya dan juga aspek sosial pendidikan menjadi hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyebarluaskan akses internet maupun telekomunikasi ke seluruh penduduk Indonesia. Saya pribadi sebagai bagian dari komunitas ICT menyambut positif arah pembangunan ICT di Indonesia seperti yang bapak Sofyan kemukakan. Akan tetapi bagaimana jika Bapak Sofyan tidak lagi menjadi Menkominfo? Apakah penerus bapak Sofyan akan memiliki visi dan misi yang sama terhadap dunia ICT di Indonesia?

Introduction to Java PersistenceCraig Russell
Akhirnya saya bertemu juga dengan arsitek CMP EJB dan senior staff engineer dari Sun Microsystems, Inc. Menggeluti bidang persistence dan bekerja di Sun Microsystems selama kurang lebih 7.5 tahun membuat sesi Craig dipenuhi dengan penjelasan singkat teknologi-teknologi persistence yang ada saat ini. Sedikit juga disinggung mengenai kompetisi provider open source dalam ruang lingkup JPA yang diisi oleh TopLink, Hibernate dan Open JPA. Ada salah satu pertanyaan dari peserta mengenai aspek keamanan dari teknologi persistence ini. Pertanyaannya adalah bagaimana JPA menjamin kemanan transfer data baik pada saat penyimpanan maupun retrieval. Dalam hal ini JPA menyediakan library bagi programmer untuk menyimpan dan retrieve data dari DBMS. Namun untuk aspek keamanan diserahkan pada provider DBMS yang ada. Jadi DBMS adalah pihak yang bertanggung jawab dalam mengamankan data yang disimpan melalui penggunaan password, enkripsi maupun mekanisme-mekanisme keamanan lainnya.

Scripting Application on the Java PlatformChuk-Munn Lee
Sesi kedua yang diisi oleh praktisi Java dan berbagai scripting languange ini adalah salah satu sesi yang saya nantikan. Saya lebih menyukai kombinasi pemrograman web dan back-end Java Persistence. Saya setuju dengan pendapat rekan saya Christiono Hendrawan, bahwa untuk mendapatkan antarmuka yang siap saji dalam pemrograman web-based maka programmer direpotkan atas banyaknya langkah yang harus dilakukan. Scripting languange yang didukung pada Java 6 ini sangat membantu programmer dalam menciptakan sistem antarmuka yang dinamis, tidak boros resource dan robust. Namun ada satu kendala bagi saya yaitu bahasa yang didukung untuk scripting languange ini adalah bahasa yang ‘cukup tua’ bagi generasi saya, salah satunya adalah Ruby. Tetapi sepertinya saya tetap harus mempelajari Ruby, paling tidak seperti saya mempelajari Perl dulu, karena saya pribadi agak kurang suka dengan bahasa Java bohongan seperti JavaScript yang juga didukung oleh teknologi scripting languange pada Java 6.

Java Web Services with Apache Axis2Thilo Frotscher
Sesi dari Thilo membahas arsitektur internal dan berbagai fitur baru yang ditawarkan oleh Apache Axis2. Apache Axis2 adalah salah satu framework web services berbasis Java yang cukup populer. Thilo membahas juga mengenai modul-modul yang terdapat dalam Axis2, fase-fase dan AXIOM yang dapat diintegrasi dengan Eclipse IDE sebagai plugins. Aspek dukungan Axis2 terhadap framework XML data binding dan perkembangan untuk WS-Security, WS-ReliableMessaging dan WS-Addressing juga dibahas.

SOA: The Core of Business Process ManagementRandel D. Powell
Randel bekerja pada World Wide ISV dan Developer Relations Team di IBM. Sebagai seorang profesional yang sangat dekat dengan developer, profesional Teknologi Informasi (TI) dan juga memiliki banyak kolega di bidang MIS & CIS, Randal memiliki banyak pengalaman dalam bidang Supply Chain Management, manajemen lokalisasi tenaga ahli TI dan teknik marketing di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Randal memperkenalkan beberapa produk keluaran IBM yang dapat membantu top level manager dalam bidang ini. Randy juga membahas bagaimana perubahan pada ekosistem TI dilihat dari sejarah perkembangannya. Perubahan juga meliputi kontribusi penting dari arsitekur berorientasi pelayanan. Sesi ini juga membahas ringkasan mengenai bagaimana keterampilan manajemen proyek digunakan dalam industri TI sebagai keterampilan bernilai tinggi dalam bursa kerja. Tak luput pula dari pembahasan adalah perangkat manajemen proses, manajemen tim, compliance dan governance technology.

Advanced Enterprise Debugging TechniqueNeal Ford
Cakupan debugging technique meliputi web layer, EJB dan lightweight enterprise application. Neal menunjukkan bagaimana melakukan debugging pada berbagai IDE secara remote pada mesin yang sama maupun antar network. IDE yang digunakan dalam demo oleh Neal antara lain NetBeans dan Eclipse. Ada satu hal yang dikatakan Neal yang cukup membuat pemikiran rekan saya BPS@KSEI. Neal mengatakan bahwa programmer atau developer saharusnya mempelajari bagaimana menggunakan editor ‘jaman dulu’ seperti Emacs dan Vi. Karena pada suatu saat mereka akan berhadapan dengan mesin di mana hanya tersedia editor tersebut. BPS dengan PSPad-nya mungkin akan berfikir lagi untuk mempelajari Vi seperti yang selama ini saya usulkan ke beliau, paling tidak untuk sekedar mengetahui bagaimana membuka file dan menyimpannya. Lebih ekstrim lagi, Kepala Bagian Pengembangan Sistem Informasi (departemen di mana saya bekerja) menggunakan notepad!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s