Mengatur Alokasi Memori Eclipse IDE

Jika Anda memiliki kebutuhan untuk membatasi jumlah memori (RAM) yang digunakan oleh Eclipse IDE dan anda menggunakan OS Microsoft Windows XP, maka Anda dapat melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut.

Eclipse bisa dijalankan dengan dengan melakukan double click pada file eclipse.exe yang terdapat pada paket instalasi Eclipse. Selain itu, Eclipse juga bisa dijalankan melalui Command Prompt. Untuk membatasi pemakaian memori PC Anda oleh Eclipse, Anda dapat menambahkan parameter -Xms pada saat menjalankan eclipse di Command Prompt. Untuk memudahkan, saya menganjurkan Anda membuat sebuah DOS Batch File yang berisi eksekusi Eclipse beserta parameter yang diberikan. Simpan file tersebut pada hard drive dan letakkan shortcut-nya di Desktop. Isi DOS Batch File yang kita inginkan kira-kira seperti pada gambar di bawah ini.

Batch File Eclipse

Perhatikan angka setelah parameter -Xms adalah jumlah memori maksimal yang dapat dipakai oleh Eclipse. Parameter -vm yang diikuti oleh path menuju file javaw.exe menunjukkan letak virtual machine dari Java SDK yang kita miliki. Ubah sesuai dengan letak instalasi Java SDK yang terdapat di PC Anda.

Anda terusik dengan splash screen pada saat mulai menjalankan Eclipse? Hal ini dapat dihindari dengan menambahkan parameter -nosplash pada saat menjalankan Eclipse.

3 comments

  1. ngomong apa sih perd? he-he-he, no hearth feeling yew…

  2. boedak · · Reply

    bagusan mana netbeans apa eclipse ?
    soalnya aku dah terlanjur pake netbeans nech😦
    oh ya kebanyakan developer java pake ide apa ?
    klo dari e-book java ide yang beredar di internet kebanyakan membahas tentang eclipse…padahal netbeans (sepertinya) lebih disupport oleh sun….

  3. Bagusan mana saya tidak bisa memberitahu. Masing-masing IDE di atas punya kelebihan dan kekurangan. As for me, saya pilih Eclipse karena vendor saya sebelumnya menggunakan Eclipse dan setelah saya coba, banyak pengaturan (setting) yang bisa dilakukan, misalnya pengaturan sampai level pengaturan memory yang dipakai seperti tulisan saya di atas. Selain itu juga banyak modul-modul tambahan (plug-in) third party yang sangat membantu proses development. Support langsung dari Sun juga tidak menjamin bagus-tidaknya IDE tersebut. Kebanyakan developer pake IDE apa saya juga tidak dapat memberitahu. Yang jelas, pakailah IDE yang Anda bener-bener nyaman menggunakannya, yang membuat proses development Anda lebih cepat, hanya itu.

    Netbeans atau Eclipse, sama saja dengan memilih Vi atau Emacs, Canon atau Nikon, Toyota atau Honda.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s