Moving Out – Moving In

Officially as per July 2nd saya resign dari KSEI dan mulai bekerja di BP Indonesia. Wondering why? Tidak terlalu banyak hal yang menjadi pertimbangan. Saya kemukakan tiga hal  yang menjadi pertimbangan dan saya urutkan berdasarkan besarnya pengaruh hal tersebut yang membuat saya resign.

Working Environment
Meaning, segala hal yang berhubungan dengan lingkungan pekerjaan. Pegawainya, suasana kerja, hubungan antar karyawan dll. Well, to be honest, adalah gosip yang membuat saya resign. Gosip di sana ibarat sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Gosip telah menjadi custom di sana. Sayangnya, gosip tersebut dilakukan oleh orang-orang yang sudah sangat lama berada di sana. Saya ulangi, orang-orang, jadi mereka banyak lho, dan menurut saya hampir semua, mulai dari janitor, sampe ke level direksi, wow! Saya juga belajar sedikit tentang pengertian ghibah atau bergunjing dalam Islam dan itu tidak baik. Satu-satunya cara adalah dengan mencoba cuek dari segala omongon orang. Topik yang digosipkan pun bermacam-macam, mulai dari gosip gaji si anu lebih besar dari si anu, si anu beli kamera baru, sampai pada si anu jadian lho sama si anu, hayyyaahhh!!! Parah, sumpe dee, dari topik yang dibahas tersebut, pembahasannya sangat mendalam, dan nyamber ke topik-topik lainnya. Saya tidak terlalu bermasalah dengan omongan orang karena saya bisa mengabaikannya. Permasalahan muncul ketika gosip tersbut mempengaruhi penilaian orang lain terhadap saya, apalagi kalo orang tersebut adalah supervisor saya sendiri!

Career Opportunity
Anda disukai bos Anda, jangan khawatir, dia pasti akan mempromosikan Anda. Tapi ada juga bos yang walaupun direct reports-nya sudah mati-matian perform tetap saja tidak diperjuangkan. Miris hati saya mendengarnya ketika salah satu rekan saya diperlakukan seperti itu. Penilaian di sana berdasarkan apakah atasan suka atau tidak dengan Anda, bukan karena pekerjaan Anda selesai dengan baik dan tepat waktu. Gimana bikin bos suka dengan Anda, yaa, licking-licking ass lah! Nope, that is not my kind of way to work. Kemudian struktur pemangkatan dan jabatan juga kurang baik, di mana ada orang yang sudah senior dan sudah layak menyandang jabatan malah tidak diberikan apresiasi tersebut. Kondisi inilah yang membuat saya berhenti bekerja.

Salary
Money counts. Siapa sih yang tidak butuh uang? Asalkan uang tidak dijadikan tujuan hidup, mudah-mudahan saya bisa hidup sejahtera. So far saya masih bisa menganggap uang sebagai fasilitas penunjang kesejahteraan, tapi bukan elemen penting kesejahteraan. Umur saya tak lagi muda dan saya punya milestone sendiri dalam timeline hidup saya😉. Untuk mencoba mewujudkan itu semua, salah satunya adalah dengan mencari pekerjaan baru yang dapat menjamin kesejahteraan saya financially.

p.s. sharing saja, lagipula ini blog saya kan?

11 comments

  1. selamat menempuh hidup baru pak🙂, kapan menikah ? :p

  2. Wah halo paman/mas Ferdy (aku panggilnya apa nih?), salam kenal juga. Aku sama sekali belum pernah bekerja, tapi setelah membaca post ini, ternyata bayanganku sejak kecil tentang dunia kerja persis sama seperti itu. khususnya dibagian career oportunity

    btw, nice blog! aku suka blog ini😀

  3. Sukses ya Pak..😉
    I know the people.. especially ur boss.. HE SUCKS anyway wakakakaka😀

  4. Btw, lo kan di Arcadia sekarang, mending kos di Depok lagi dunk instead of di Setiabudi😀

  5. @christiono: terima kasih pak tiono. menikah? segera pak, segera setelah pak tiono menikah duluan.😀

    @immoz: sama-sama dek immoz (lah, kok berasa tua banget gue yah), tujuan saya sekedar sharing kok. this is the real world of work out here.

    @Amir Karimuddin: thx mir. gue nahan dulu dua tahun mir baru hengkang. about my boss, hell yeah, he sucks!!! liat aja mukanya waktu gue pamitan di hari terakhir, kayak kucing garong, wekekeke…😀

    @Amir Karimuddin: depok-arcadia lebih macet daripada st. budi – arcadia. gue bisa naik busway dari kos. selain itu gue khawatir, takut mata gue kemana-mana ngeliat anak-anak UI.😀

  6. zidni · · Reply

    Fer,
    Bos lo di BP pak Ifandi bukan?

  7. Bukan zid. Bos gue Tomy Poerwanto. Gue di D11, Integrity Management.

  8. wets, met sukses de kl gitu!😀 good luck with your goals!

  9. thx kuy. smoga sukses juga buat lu and the company ya🙂

  10. salam kenal,

    kerja di BP enak ga? oo…ternyata di KSEI gitu yah?
    hmmm….jadi pengen cepet2 kerja jadinya punya duit sendiri hehe…

  11. hmm..mungkin saya merasa tidak nyaman karena dari diri saya sendir yang ga cocok dengan budaya di KSEI mbak. mungkin tidak begitu halnya dengan orang lain.

    di BP so far menyenangkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s