Indonesia vs Bahrain (2-1)

Indonesia vs Bahrain (2-1)

Sudah cukup sering saya menonton pertandingan tim nasional Indonesia bertanding melalui tv, tapi baru kali ini perasaan saya cukup terpuaskan. Bukan hanya karena kemenangan timnas kita, tapi juga karena pendukung timnas kita yang luar biasa bersemangat, (mungkin) hampir tidak ada lemparan botol, bahkan tidak ada kerusuhan.

Dari aspek permainan, timnas kita bermain baik secara keseluruhan. Walaupun secara postur pemain-pemain kita kalah tinggi dan besar daripada pemain Bahrain, tapi pemain timnas kita punya kecepatan dan kelincahan yang lebih baik daripada pemain Bahrain. Hal inilah yang dioptimalisasi dengan baik oleh Ivan Venkov Kolev. Terobosan-terobosan Elie Aiboy di kanan dan gebrakan Budi Sudarsono di kiri, ditambah lagi dengan kematangan Bambang Pamungkas di tengah membuat kerepotan para defender Bahrain.

Secara keseluruhan saya memberikan label Man of the Match kepada Firman Utina. Bermain baik dan mampu beberapa kali lolos dari kepungan midfielder Bahrain, hal ini pula yang membuat keluarnya Ponaryo Astaman tidak membuat lini tengah kita kehilangan daya dobrak.

Beberapa hal yang menjadi catatan adalah, pemain belakang kita mesti sedikit lebih tenang dalam menghalau serangan. Hal ini terbukti dengan mampunya Bahrain membuat gol penyama kedudukan menjadi 1-1. Begitu pula dengan para penyerang, saya amati beberapa kali peluang near goal terjadi, perlu ketenangan lebih dan pengamatan yang matang terhadap rekan setim yang berada di posisi yang lebih menguntungkan.

Saya jadi teringat bagaimana waktu kecil saya dan ayah saya bersemangat sekali jika ada pertandingan timnas kita, bagaimana seisi rumah gaduh dibuatnya. Beberapa tahun belakangan saya jadi tidak bersemangat karena timnas kerap kalah dari lawan-lawan yang seharusnya bisa diimbangi seperti Vietnam dan Thailand. Bahkan Indonesia belakangan ini tidak mampu mengimbangi Singapura, bahkan Malaysia! Mudah-mudahan kemarin menjadi titik balik kemajuan sepak bola nasional. Lupaka eforia kemenangan kemarin, jangan menganggap kita sudah menjuarai Piala Asia. Lawan berat menanti kita, Arab Saudi dan Korea Selatan. Negara-negara ini langganan juara Piala Asia, jadi bisa ditebak bagaimana kekuatan mereka relatif terhadap timnas kita. Tidak perlu seri melawan mereka, cukup dengan kemenangan! Bravo Indonesia! Lanjutkan bermain bagus! Main cantik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s