ACC Rules!

 Astra Credit Companies

Susahnya jadi anak rantau. Banyak kesulitan yang ditemui oleh kita-kita anak rantau. Pertama, kita definisikan dulu pengertian ‘anak rantau’. Berdasarkan definisi yang saya buat sendiri dan pastinya sangat-sangat relatif, anak rantau (n) berarti seseorang yang pergi ke luar daerah tempat tinggalnya (hometown) untuk kuliah, bekerja atau melakukan aktivitas lain dalam waktu yang cukup lama. Nah, waktu yang cukup lama ini juga relatif, jadi sekalian saja saya buatkan definisinya, lagi-lagi menurut saya. Waktu di sini menurut saya yang paling pas adalah 1 tahun atau lebih. Kalau kurang dari setahun ya kurang afdhol gitu, supaya ngepas saja.

Susahnya apa? Begini, beberapa minggu yang lalu saya apply pembelian mobil dengan metode kredit (please don’t do the ‘cieee…’ thing). Permasalah muncul ketika pihak leasing company meminta berkas Kartu Keluarga (KK), KTP, slip gaji dan print out buku rekening di tiga bulan terakhir. Slip gaji bisa diatasi, karena saya masih pegang slip terakhir sewaktu saya masih di KSEI. Print out buku rekening di tiga bulan terakhir sedikit bermasalah, karena prosesnya butuh tiga hari kerja untuk BCA. Untuk KTP, tidak masalah karena saya punya KTP Jakarta. Masalahanya adalah Kartu Keluarga. Dulu saya membuat KTP Jakarta dengan nebeng KK tetangga kos di Jakarta. Jadi nama saya dicantumkan sebagai relative dari keluarga mereka. Membuatnya cukup lama lho, sekitar 3 minggu baru selesai dan mereka minta hampir IDR 300,000. Sewaktu saya mau memberikan dokumen KK ke pihak leasing company, KK tersebut telah diperbaharui dan nama saya sudah tidak ada lagi, darn!

Sebenarnya proses lebih mudah jika di KK tersebut nama saya masih ada karena KTP saya punya alamat yang sama dengan KK tersebut. Saya tidak punya keinginan untuk melibatkan orang tua dalam hal ini, terutama untuk survey dan segala macam tetek bengek nya. Mesti puter otak, solusinya adalah dengan mencari leasing company yang punya cabang di Jambi karena KK tadi sudah tidak bisa dipakai lagi. Akhirnya direkomendasikan oleh orang Honda memakai ACC. Mereka punya cabang di Jambi dan bisa survey ke rumah orang tua di Jambi. Walaupun sebenarnya saya males melibatkan orang tua, apalagi menjadikan mereka penjamin, mungkin akan lebih baik jika orang tua tahu application saya ini.

Hari ini dihubungi ACC, besok mereka survey di Jambi, lusa di-approve, cepet! Survey yang mereka lakukan pun ngga macem-macem, hanya menanyakan pekerjaan di mana. Bunga yang ditawarkan sih beda-beda tipis lah dengan leasing company yang hanya punya cabang di Jakarta, mungkin ini salah satu kekurangannya. Sekarang tinggal menunggu Honda Dangdut saya datang bersama STNK-nya. Itulah susahnya kalo jadi anak rantau, apa-apa mesti melibatkan orang tua nun jauh di sana. Kalau seperti ini kesannya ga mandiri, mulai dari pembuatan dokumen kependudukan, KK, Akte Kelahiran dan lain-lain yang berhubungan dengan negara ini. Baru bisa mandiri kalau sudah punya KK sendiri, alias sudah kawin! Tapi untunglah ACC bisa membantu, memang mereka jangkauannya cukup luas dan di bawah naungan perusahaan besar, hatipun menjadi tenang.

p.s. gambar diambil dari website ACC

10 comments

  1. Lo beli mobil Honda apa Fer, kayaknya Jazz ya?

  2. Kalo gue bilang sih jazz, tapi ada orang yang bilangnya honda dangdut😛

  3. Lha comment di blog lo sendiri aja masih pake account multiply😀
    btw, selamat ya menggunakan Jazz baru😉

  4. Anjrottt… (bukan cieeee lho)

    Jazz.. cing..
    kok kredit fer? tunai langsung kan bisa
    ngapain kredit?

  5. Najong, sama aja itu mah ama ciee… Ga mampu gue roy, ntar anak bini gue dikasih makan apa?😛

  6. he2x makan2x dong fer😀

  7. hehe..makan-makan dari Hong Kong, noh makan aja Honda Dangdut gue😀

  8. wah,
    harusnya bukan makan-makan ndra,
    tapi jalan-jalan😀

  9. Kenapa ga beli properti dulu?😀

  10. soalnya bingung rumahnya belom ada isinya? masak gue sendirian? hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s