Indonesia vs Saudi Arabia (1-2)

 Protes

Gol Saudi Arabia di menit-menit awal sempat mensunyisenyapkan pendukung Tim Merah Putih. Agaknya kejadian yang menimpa Malaysia yang dibantai 1-5 oleh China dan dihancurkan lagi 0-5 oleh Uzbekistan akan terjadi pada tim sepak bola kebanggaan kita. Poor Malaysia, tragis, sampai-sampai pejabat teras Football Association of Malaysia (FAM) mundur menghadapi realita ini. Praktis wakil Asia Tenggara menyisakan Thailand, Vietnam dan Indonesia. Kedudukan 1-0 membuat kubu Indonesia ketar-ketir. Berselang beberapa menit kemudian, berkat aksi pantang menyerah dalam memperebutkan bola yang ditampilkan oleh Syamsul Bachri, menyerobot bola dari pemain lawan dan memberikan umpan terobosan lambung pada Ellie Aiboy. Dengan apik Ellie memperdaya kiper Saudi dan dengan dingin menjebol gawang Saudi. Gol anjriiiiiittt!!! Berteriak lantang saya di malam itu, bulu kuduk berdiri dibuatnya. Komentator Star Sports mengungkapkan gol Ellie menaklukan kiper Saudi: “as cold as freezing mountain”. Good job Ellie!

Kedudukan 1-1 dan memasuki stoppage time. Pendukung Tim Garuda makin ketar-ketir. Skor bertahan berarti peluang lulus ke playoff sangat-sangat terbuka lebar. Gagal, maka Bambang Pamungkas dkk. harus berjuang mati-matian melawan Republik Korea Selatan, tidak bisa seri, harus menang!!! Petaka akhirnya terjadi, Yasser yang ditarik dan digantikan striker Saad Al Harthi membuat pemain belakang kita linglung, Ismed Sofyan orangnya! Dengan tinggi badan yang ‘hanya’ 174 cm, Al Harthi mampu mencuri gol di menit-menit akhir pertandingan. Tertunduk, lesu, menangis. Seiring tangis bahagia Al Harthi, menangis pula 60 ribu lebih pendukung setia timnas kita.

Wasit goblog!!! Mungkin itu  kalimat pertama yang akan terucap kalau kita menanyakan salah satu supporter Indonesia pada saat maupun setelah pertandingan Indonesia vs (Kingdom of) Saudi Arabia hari Sabtu (16-Jul-2007) yang lalu. Benar saja, kepemimpinan wasit UAE sepanjang pertandingan memberatkan Indonesia. Paling tidak ada 10 keputusan yang salah dan memberatkan menurut PSSI, berdasarkan hasil analisis akurat melalui video rekaman hasil pertandingan.

Ah sudahlah. Mari kita berdiri kembali untuk menuntaskan apa yang kita mulai. Mari mencari skenario. Kabar gembira, Republik Korea Selatan yang menjadi salah satu kekuatan besar Asia takluk di tangan Bahrain dengan skor 1-2! Seperti yang saya duga dan saya inginkan sebelumnya, tim-tim Arab punya potensi untuk mengalahkan tim sekelas Korea Selatan maupun Jepang. Tragedi yang menimpa Bahrain sewaktu kalah dari Indonesia adalah tragedi demam panggung di neraka bernama Gelora Bung Karno. Skenario menjadi lebih menarik. Indonesia dan Bahrain punya poin sama yaitu 3, kurang 1 poin dari pemimpin Grup D, Saudi Arabia. Sementara Lee Chun-Soo dkk. menghuni dasar klasemen Grup D dengan poin 1. Dari skema ini, Indonesia bisa lolos dengan 2 skenario yang paling mungkin terjadi:

  1. Indonesia menang melawan Korea Selatan, apapun yang terjadi pada pertandingan Bahrain vs Saudi Arabia tidak akan berpengaruh karena kita akan tetap lolos. Mari analisis sejenak, peluang mengalahkan Korea selatan saya katakan 40:60. Korsel butuh menang, dan di pertandingan terakhir ini saya pastikan mereka akan mati-matian untuk melakukan itu. Bahrain dan Saudi Arabia sama-sama butuh kemenangan dalam partai mereka nanti, jadi salah satu akan saling mengalahkan dan menguntungkan Indonesia.
  2. Indonesia bermain imbang melawan Korea Selatan. Supaya bisa lolos dengan skenario ini, Saudi Arabia harus bisa mengalahkan Bahrain. Kita analisis lagi, peluang Saudi Arabia mengalahkan Bahrain cukup besar mengingat pasukan Yasser dkk. setingkat lebih tangguh daripada Bahrain. Tapi saya lebih cenderung partai ini akan berakhir seri dan kecil kemungkinan Bahrain bisa menggusur Saudi Arabia. Jika mereka bermain seri, maka peluang kita tergantung dari jumlah selisih gol yang terjadi.

Mari teman, hentikan tangisan sekarang juga. Hentikan makian kepada wasit sekarang juga. Kembali dukung partai hidup mati hari Rabu (18-Jul-2007) yang akan datang. Ingatlah hari-hari perjuangan tim nasional kita ini, di saat mereka terjatuh dan bangun kembali, sepatutnya kita juga demikian. Dukung sepenuhnya Tim Merah Putih, berdoa untuk kemenangan mereka, hajar Korea Selatan!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s