LFC 2007-2008

Fernando Torres @ LFC vs Derby County

 

Terlalu dini mengatakan Liverpool FC akan merebut tahta EPL 2007-2008. Tapi saya yakin dan percaya minimal runner-up bisa direbut. Hal ini mengingat komposisi skuad, bench maupun kematangan dan visi individu dan tim yang memprioritaskan juara liga sebagai prioritas utama. Mari kita simak satu persatu aspek yang mendukung klaim saya ini.

Skuad
Tanpa diragukan lagi, barisan depan LFC saat ini adalah yang terbaik di EPL 2007-2008. Kombinasi para striker goal-getter, pencari ruang atau pekerja keras, stabil, penyundul semua ada pada diri Fernando Torres, Andriy Voronin, Peter Crouch, dan Dirk Kuyt. Dan yang lebih paling penting adalah semua striker LFC mampu mencetak gol! Hal ini perlu mengingat rotasi Rafa diperlukan oleh skuad LFC dalam mengikuti kompetisi EPL, UCL, FA Cup, dan Carling Cup. Barisan tengah semakin kuat dengan kedatangan Ryan Babel, semakin matangnya Jarmaine Pennant, semakin tangguhnya Sissoko dan Mascherano, serta dilengkapi gocekan Youssi Benayoun. Mereka akan melengkapi format rotasi yang diterapkan Rafa untuk Xabi dan Steven. Satu-satunya issue adalah lini belakang. Cidera bek nasional Inggris Jamie Carragher sedikit banyak membuat limbung barisan pertahanan. Hyypia dan Agger memiliki karakter yang sama, namun tidak dapat menggantikan agility Jamie. Arbeloa sampai saat ini cukup mampu menggantikan posisi Riise. Bagaimana dengan Steve Finnan? Steve sudah mulai tua, harus ada yang menggantikannya. Dengan skuad demikian, hanya lini belakang LFC yang perlu perhatian. Sementara lini tengah dalam kondisi oke, lini depan? Awesome!!!

Kompetitor
Melihat kondisi MU yang kalah di awal musim dan seret gol, bisa saja MU menggebrak di tengah dan akhir musim. Namun hal itu tidak cukup untuk menjamin mereka mempertahankan mahkota EPL. Lihat LFC musim lalu yang terlambat start dan terseok-seok di awal musim, mereka mengakhiri liga 2006-2007 di peringkat ketiga. EPL adalah liga paling panas dan ketat di Eropa. Terlambat start maka tim Anda akan segera ditinggalkan Fergie! Lihat Chelsea, walaupun mereka tidak pernah bisa menang di Villa Park semenjak 1999, performa CFC masih labil. Konflik internal juga selalu saja ada di kubu ini, mulai dari perselisihan manager dengan owner maupun konflik antara pemain dengan Moanrinho ini. Arsenal? Yup, sepertinya Arsenal yang akan bersaing dengan LFC paling tidak sampai pertengahan musim. Skuad muda Arsene sempat tampil mengkhawatirkan di awal musim. Tapi Cesc dkk. lambat laun akan semakin matang dan mental younglings ini akan terbentuk seiring ketatnya kompetisi.

Stabilitas
Dari sisi manajemen klub, dari The Big Four Inggris sepertinya hanya LFC yang jauh dari gosip dan pertikaian. Baru beberapa hari ini Rafa kehilangan asistennya Pako Ayesteran yang hengkang. Gosipnya karena Rafa melihat Pako akrab berbicara dan berpelukan dengan Moanrinho. Kemudian ditambah lagi dengan mangkirnya Pako dari sesi foto skuad. Tapi lihat kompetitor, MU tidak cukup stabil, selalu ada saja yang menggoda hak kepemilikan MU, baru-baru ini dari konsorsium China dan Dubai. Arsenal cukup stabil, tapi Chelsea, semua masalah internal klub akan hilang jika bung Jose ini dipecat.

Demikian pandangan, observasi dan analisis prematur dari seorang fans mati Liverpool FC disela-sela kesibukannya. Tentunya pandangan-pandangan ini sangat subjektif sekali sifatnya. Tidak salah bukan? Lha wong ini blog saya kok!

🙂

–photo taken from here.

11 comments

  1. Good point.. hanya memang masih terlalu dini.. coba liat siapa juara tengah musim. Liverpool masih belum berhadapan dengan tim2 4 besar😉

  2. Coy pan kmaren lawan chelsea harusnya menang (chelsea masuk itungan 4 besar kaga pren?). tapi skornya berubah Liverpool 1 vs Rob Styles 1 (sapi tuh wasit)

  3. kuyt/voronin Torres/crouch

    Leto/kewel Alonso/sissoko Gerrard/mascherano Pennant/Babel/Benayoun

    Riise/Aurelio Agger/Hyypia Caragher/Hobbs Finnan/Arbeloa

    Reina/Itandje/Martin

  4. liat pren, jago2 smua😀 (pake ke posting duluan pula, sori kepencet)

  5. gue speechless deh liat barisan depan, tengah ama belakang LFC. cuma mesti dikiiiiiiiit lagi menyempurnakan full center back. siapa ya kira-kira?

  6. buset.. daniel agger tuh jago bgt pren! bek masa depan. duetnya sama mr.reliable tuh duet maut dah! tinggal nyanyi duet deh klo ketauan pacaran lagi :))

  7. agger emang jago men, tapi kadang di pertandingan penting ataupun yang biasa ga stabil, ga seperti mr. reliable ituh. lah kalo gitu kita mesti pake siapa? masa sissoko ditaruh di belakang. buat gantiin Hyypia emang tepat banget nih Agger. gue suka tattoo-nya!!!

    ~gaPenting

  8. TORRES is the best player you know that is the amazing player

  9. wah..wah..benitez mesti udah nyari penggantinya..parah ma dia ga bs ngerebut tahta byk..min semusin just one doank..rotasi rasanya kurang berjalan sempurna. EPL apalagi dia kaya ga merhatiin bgt EPL..klo UCL mgkn dia masternya..tp ga bisa gtu donk..g sebagai fans sejati sedikit kecewa ma managernya..wew!!

  10. satu hal lagi..mgkn klo msm ini mrk ga ngerebut tahta champions..alamat buruk!! mgkn torres hengkang??/

  11. wa jg percaya,untuk Tahta Champion taon ini milik LIVERPOOL…
    Maju terus LIVERPUDIN n’ ANFILD GANK na….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s