Asia Afrika Underground

What
Ada beberapa tipe perlombaan otomotif empat roda, antara lain Drag, Drift dan Touring. Kali ini saya mencoba membahas salah satu tempat yang biasanya dipakai oleh speed freaks untuk melakukan balapan tipe Drag. Drag Race adalah tipe perlombaan balap mobil dengan track atau rute lurus dengan jarak tertentu. Mobil yang dapat mencapai finish duluan adalah pemenang. Kata underground pada title journal ini mengindikasikan tempat ini adalah tempat yang ilegal untuk tipe balapan seperti ini.

Where
Tempatnya adalah Jalan Asia Afrika. Bagi yang belum tahu, Jl. Asia Afrika adalah jalan yang berada di antara Plaza Senayan dan Senayan City. Silakan lihat peta pada link berikut. Tempat ini dapat diakses dari Jl. Jend. Sudirman melalui Jl. Pintu Satu, melalui Universitas Moestopo atau juga bisa diakses melalui jalan menuju Hotel Mulia. Track atau rute-nya adalah sepanjang Jl. Asia Afrika dengan start line persis di depan pintu keluar Senayan City dan berakhir di pertigaan lampu merah pertama. Finish line tidak tentu, terkadang bisa juga sebelum tempat putar balik arah sebelum pertigaan.

When
Kawasan ini biasanya mulai ramai dari jam 12 malam sampai selesai setiap hari. Khusus hari Jumat malam atau weekend biasanya lebih ramai. Pukul 12 tengah malam hingga jam 1 malam biasanya drag racer atau penonton mulai datang dan mengelilingi trek sambil melihat-lihat keberadaan Polisi. Maklum, karena ilegal maka biasanya pak Polisi suka melakukan patroli untuk mengusir drag racer. Waktu selesai biasanya jam 3 sampai 4 pagi. Penonton bisa parkir pinggir jalan di daerah start line.

Who
Penonton, rice boys (cosmetic dudes), pedagang nasi goreng dan teh botol, dan tentu saja dragster yang memenuhi kawasan ini. Oh ya, ada satu lagi pihak yang belum disebutkan, Polisi! Hehehe…walaupun datang tak dijemput pulang tak diantar, bapak-bapak Polisi ini biasanya rajin patroli, walaupun cuma sebentar. Dari pengamatan saya beberapa bulan ini, drag racer yang sering datang biasanya mobil-mobil model Mitsubishi EVO, sedikit mobil-mobil Eropa, mobil-mobil Honda, beberapa Mazda dan tentu saja banyak Estilo😉 .

Why
Mengapa nongkrong malam-malam di jalanan, menghabiskan bensin yang sudah mahal dan mengambil resiko kecelakaan atau ditangkap Polisi? Jawabannya mudah, “It’s in the blood”.

Plug
Beberapa tips dari saya selama Anda di daerah ini, mata selalu siaga terhadap Polisi, selalu cek rem dan brake bias sebelum drag, syncrhonize your eyes with your hand, left hand on shift knob, right hand on steering wheel, choose your enemy wisely, watch your lane and the RPM red line, and at last, be cool😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s