1992 Honda Civic SR3 All Motor #B8212JW# Update: PM7 Piston & ZC Engine Block

Mesin D16 saya jebol. Well, sebenarnya bukan mesin-nya secara keseluruhan, tapi ‘hanya’ pin piston yang melejit ke luar dan menggesek bore silinder, menyebabkan mesin saya ‘ngebul’. Setelah diselidiki ternyata pin piston keluar karena connecting rod (setang piston) goyang atau tidak kuat memegang pin. Ditanyakan ke beberapa tuner seperti Boy dari Sigma Speed, mereka belum pernah sekalipun mengalami kasus seperti mesin saya ini. Even OSF head technician, William Kurniawan (Willy) confuse himself up.

Perhatikan gambar di bawah ini sebagai bayangan di mana letak pin piston yang melejit ke luar.


Dirunut permasalahan-nya mengapa setang piston bisa goyang atau soblak. Ada dua kemungkinan, pertama karena pengerjaan pada bengkel sebelumnya yang kurang akurat memasang piston-pin-connecting rod, kedua karena Willy kurang teliti dalam memasang piston-pin-connecting rod pada saat pengerjaan oversize 100 seperti yang saya inginkan. Either way, dua kemungkinan tersebut sangat mungkin terjadi.

Solusinya adalah, buang block D16 yang lama dan ganti dengan block ZC (JDM) yang kata orang-orang memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik daripada D16. Jadilah mesin saya kombinasi block ZC dan head P08 (D15B).

Selanjutnya, karena sebelum mesin saya jebol saya meminta oversize piston 1.00, sementara piston sebelumnya memakai PM3 (Grand Civic medium compression) namun salah dalam proses pembubutan, jadi saya harus mencari piston baru. Setelah berdiskusi panjang lebar dengan Doddy, Willy, Ridho, dan Erwin, diputuskan memakai piston oversize 1.00 dengan kode PM7 (high compression) coated keluaran Teikin.

Penampakan piston ini dapat dilihat pada gambar berikut.


Pemilihan piston ini dengan pertimbangan value for money, coated, high compression, oversized 1.00!

Value for Money
Piston keluaran Teikin manufactured di Indonesia, namun spec dan durability-nya cukup dapat diandalkan. Sudah banyak D-series mania di Indonesia yang pakai piston ini. Lagipula dengan harga yang cukup murah, IDR 1,300,000 sudah bisa membeli satu set piston (4 pcs) beserta pin piston-nya.

Coated
Piston OEM pada umumnya tidak coated. Coating pada piston dilakukan untuk memperkuat daya tahan piston tersebut terhadap panas dan tekanan kompresi yang tinggi. Dengan demikian, dari aspek ketahanan, piston pilihan saya ini diharapkan lebih tahan dari piston OEM.

High Compression
Untuk Anda yang bermain mesin Naturally Aspirated (N/A) atau All Motor, compression is the heart of N/A engine. High compression means boost of power. Mengapa? Karena mesin dengan piston kompresi tinggi mengkompresi udara di dalam combustion engine lebih padat. Ketika udara sangat padat ini ignited oleh busi (spark), maka daya ledak-nya akan lebih besar sehingga mendorong putaran crankshaft dengan daya yang lebih besar menghasilkan power yang lebih besar.

Oversized Piston 1.00
Tuners and drag racers often oversized their pistons for performance application. Piston yang oversized artinya memiliki diameter yang lebih lebar. Diameter yang lebih lebar harus diimbangi dengan bore cylinder yang mesti dilebarkan juga. Dengan pelebaran bore cylinder ini, maka udara yang dapat masuk pada combustion chamber bisa lebih banyak. Lebih banyak udara, dikompres lebih padat, dibakar, power hasil pembakaran lebih besar.

Perjuangan mendapatkan piston pengganti tidaklah mudah. Rekan saya yang selalu dapat diandalkan, Doddy, membantu mencari piston pengganti dan mendapatkan beberapa kandidat antara lain PG6 dan PM7 piston. Akhirnya ketemu juga yang punya stock Teikin oversize 1.00 PM7 dari teman Doddy, Erwin dari Bandung. Erwin sendiri merupakan pemain lama juga. Saya tertarik melihat EK4 original miliknya. Jadilah Sabtu (4-Jul-2009) malam langsung meluncur ke Bandung. Cikampek macet parah! Sampai di Buah Batu langsung bertemu Erwin dan berbincang-bincang banyak.

Perjalanan cukup menyenangkan dengan ditemani Doddy dan Mika yang bela-belain malam-malam itu menemani saya. Bertiga bercanda parah, no, you don’t want to know what we’re kidding with😀 . Thanks again guys! This kind of friendship will last for a long time😉 .

Gambar piston-nya dapat dilihat pada tautan ini.

12 comments

  1. ganti Block mesin ya fer?
    turun mesin lagi dong?

    1. yup. udh 2 kali turun mesin nih zid…huhuhuhu…

  2. PaSteL · · Reply

    makanya om, jgn ngebut2. biar gak jebol maning jebol maning,, heheh

    1. ah kayak lo ngga ngebut aja jok😀

  3. om om..red top ato blacktop???
    wakakakakakakkaka..
    *kabur

    1. geblegggggggggg!!!!
      ya jelas redtop dong ah
      pas ‘dibuka’…WOOOWWWW!!!!

      :D:D:D:D

      1. klo yg pas dibuka..”ughhhhhhhhh..”
        itu apa??:D

      2. kalo yang itu namanya black top mas.
        kalo yang red top nanti tak kasih liat deh :p

  4. red top= coming moon aka datang bul*n
    mau??
    wakakaakakakkka..

    1. mau lah ngga apa-apa.
      nunggu pas kering aja daaahhh…

  5. hmmmm..boleh2..kapan maw liatinnya??
    btw ,mbl estilonya dah slese blum om??
    caranya biar jadi kenceng gmn sih??

    1. ah pak day ini pura-pura ngga tau…
      gue kan belajar-nya juga dari lo nyong :p:p:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s