Tips Mengubah Ikon E-mail dan Folder BlackBerry

Data Percobaan
Perangkat: BlackBerry Bold 9000
OS: 4.6.0.307 (SK Telecom)

Perlengkapan yang Diperlukan:
– Gambar ikon dalam format .png (Portable Network Graphic)
– Perangkat lunak BBFileScout versi 0.6.6
– Kabel data penghubung USB BlackBerry dengan PC/Mac

Saya sering mengubah theme pada perangkat BlackBerry saya. Akan tetapi selalu kembali ke theme standard Precision karena beberapa theme yang tersedia baik yang gratis maupun berbayar terkadang tidak dilengkapi dengan pengubahan ikon folder maupun ikon e-mail. Terkadang saya bingung karena pada halaman menu BlackBerry saya terdapat beberapa folder sementara ikon dari keempat folder itu sama. Begitu pula kasusnya dengan akun e-mail saya yang berjumlah tujuh akun. Pada jurnal kali ini saya mencoba memberikan petunjuk mengganti ikon e-mail dan folder pada perangkat BlackBerry.

Anda memerlukan perlengkapan seperti tertulis di atas. Gambar-gambar ikon (icon set) biasanya bisa diunduh dari Internet bersama dengan theme-nya. Selamat percobaan yang saya lakukan, saya hanya menggunakan icon set dengan format .png. Format file lain belum tentu dapat dikenali oleh perangkat BlackBerry Anda. Selanjutnya unduh dan install perangkat lunak BBFileScout. Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini dari alamat ini.

Mengubah Ikon Folder

1. Hubungkan perangkat BlackBerry Anda dengan PC/Mac.
2. Copy dan paste icon set yang telah diunduh ke dalam perangkat BlackBerry. Rekomendasi: buat folder dengan nama ‘icons’ di dalam folder SDCard\BlackBerry\ dan paste di lokasi ini.
3. Buka BBFileScout dan arahkan ke folder SDCard\BlackBerry\icons. Pilih sebuah ikon dan tekan tombol menu BlackBerry. Pilih “Store ‘icon.png’ on stack“.
4. Kembali ke halaman utama pada saat aplikasi BBFileScout terbuka dan arahkan ke folder system\samples\folder icons. Tekan tombol menu BlackBerry dan pilih “Copy ‘icon.png’ to ‘folder icons’“. Ubah nama ikon file ‘icon.png’ menjadi ‘folderxx.png’, contoh ‘folder21’.
5. Pada halaman utama (home screen) perangkat Anda, arahkan pada folder yang mau Anda ganti ikon-nya. Tekan tombol menu BlackBerry dan pilih Edit Folder. Pilih gambar ikon yang telah Anda simpan tadi dan pilih Save.

Untuk mengubah ikon e-mail, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Setiap akun e-mail yang Anda push ke dalam perangkat BlackBerry memiliki unique ID (UID). Proses pengubahan ikon pada dasarnya adalah memberitahu OS BlackBerry untuk mencari sumber gambar ikon yang terletak di dalam folder dengan nama UID ini.

Mengubah Ikon E-mail

1. Ketahui UID akun e-mail Anda dengan menuju menu Options –> Advanced Options –> Service Book. Pilih akun e-mail yang ingin diubah ikon-nya dan catat UID-nya.
2. Buka BBFileScout dan arahkan ke folder SDCard\BlackBerry\icons. Pilih ikon yang mau kita tampilkan pada akun e-mail. Tekan tombol menu BlackBerry dan pilih “Store ‘icon.png’ on stack“.
3. Kembali ke halaman utama pada saat aplikasi BBFileScout terbuka dan arahkan ke folder Store\Appdata\RIM\BDA\Icons\. Buat folder di sini dengan nama sesuai e-mail UID. Di dalam direktori yang baru dibuat ini, copy ‘icon.png’ ke dalamnya. Ubah nama file ‘icon.png’ menjadi 1-80-80 untuk perangkat Bold 9000 dan Javelin 8900. Untuk perangkat BlackBerry 83xx ubah nama menjadi 1-58-43 atau 1-48-36 dan perangkat Storm ubah menjadi 1-73-73.
4. Reboot perangkat dengan menekan tombol alt+shift(kanan)+del secara bersamaan supaya perubahan yang kita lakukan berpengaruh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s